Tingkatkan PADes Melalui Pariwisata

166
0
TALKSHOW. Camat Cineam Ari Fitriadi SSTP MSi (dua dari kiri) menjelaskan soal penataan Situ Garunggang pada talkshow Bincang Radar Kamis (15/11).
Loading...

TASIK – Pemerintah Desa Rajadatu Kecamatan Cineam fokus mengembangkan wisata Situ Garunggang untuk meningkatkan pendapatan asli desa (PADes). Hal itu diungkapkan saat talkshow Bincang Radar di Radar TV, Kamis (15/11).

Kepala Desa Rajadatu Yaya Suryadi mengatakan penataan sedang dalam proses bekerja sama dengan Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga. “Penataan yang kami lakukan secantik dan menarik mungkin supaya diminati banyak pengunjung. Dengan banyak dikunjungi otomatis PADes akan meningkat,” paparnya.

Jelas dia, luas Situ Garunggang mencapai 6.666 meter persegi yang sudah ada sejak lama. Akan tetapi, pihaknya baru saat ini melakukan pengembangan sebagai objek wisata yang representatif bagi masyarakat. “Anggaran penataan ini dari Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citanduy karena berada di wilayah Sungai Citanduy,” terangnya.

Konsep yang akan dibangun, kata dia, dengan menyediakan wahana bermain anak serta lokasi pemancingan. Termasuk dilengkapi dengan tempat-tempat makan yang sederhana tetapi nyaman. “Nantinya objek wisata ini akan dikelola BUMDes. Seperti sekarang
Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) sudah berjalan dan sudah dijadikan BUMDes,” ungkapnya.

Tempat yang sama, Camat Cineam Ari Fitriadi SSTP MSi mengaku sangat mendukung dikembangkannya Situ Garunggang di Desa Rajadatu. Karena dengan hadirnya objek wisata ini akan berdampak terhadap peningkatan pendapatan desa. ”Kesejahteraan masyarakat pun pasti terangkat,” tandasnya. (obi)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.