Tingkatkan Pelayanan lewat IT

45
0
BANTUAN. Bupati Garut H Rudy Gunawan bersama petugas BPJS Ketenagakerjaan menyerahkan santunan terhadap keluarga peserta yang meninggal dunia Selasa (21/5). Yana Taryana / Rakyat Garut

TAROGONG KIDUL – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan terus meningkatkan layanannya kepada masyarakat. Salah satunya melalui penggunaan teknologi informasi (IT), yakni Kanal E Channel BPJS Ketenagakerjaan.

Kanal tersebut dibuat untuk memudahkan masyarakat dan peserta mengakses informasi serta pendaftaran dan pembayaran premi serta yang lainnya. “Jadi masyarakat bisa dengan mudah untuk mendaftar maupun membayar premi melalui smartphone,” ujar Kepala BPJS Ketenagakerjaan Tasikmalaya Apriadi usai kegiatan buka bersama di Hotel Sumber Alam Selasa (21/5).

Menurut dia, dengan adanya sistem itu, selain untuk peningkatan pelayanan, juga untuk meningkatkan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan. “Jadi kita sekarang sosialisasikan dulu terhadap perusahaan-perusahaan dan Pemkab Garut, supaya bisa membantu disosialisasikan kepada masyarakat,” terangnya.

Dia menerangkan untuk menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan tidak hanya pekerja di perusahaan, tetapi pekerja non ASN di pemerintahan, petani, nelayan, sampai tukang ojek juga bisa menjadi peserta. “Jadi sekarang itu diwajibkan bagi seluruh masyarakat non ASN ikut BPJS Ketenagakerjaan,” terangnya. Dengan menjadi peserta, kata dia, masyarakat yang bekerja akan mendapatkan jaminan, dari mulai kecelakaan kerja, kematian sampai pensiun.

Bupati Garut H Rudy Gunawan mengapresiasi hadirnya BPJS Ketenagakerjaan. Menurut dia, jaminan sosial itu sangat membantu masyarakat yang bekerja. “Kami akan sosialisasikan terus, manfaatnya sangat banyak,” katanya. Ke depan, pihaknya juga akan menanggung biaya untuk pembayaran premi bagi tenaga kerja sukwan (TKS) dan tenaga kerja kontrak (TKK) di lingkungan Pemkab Garut. (yna)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.