Tingkatkan Peningkatan Pendapatan Asli Desa Melalui Pengolahan Limbah Plastik

81

PADAKEMBANG – Pemerintah Desa Cilampunghilir Kecamatan Padakembang merealisasikan dana desa (DD) untuk pengadaan mesin penggiling limbah sampah plastik. Itu dilakukan sebagai bentuk pemberdayaan masyarakat dan peningkatan pendapatan asli desa (PADes).

“Diharapkan dengan pengadaan mesin plastik ini bisa menjadi kesibukan baru masyarakat dalam merangsang geliat perekonomian yang dampaknya PADes meningkat,” ujar Sekretaris Desa Cilampunghilir  Jamaludin kepada Radar, Rabu (31/10).

Selain itu, kata dia, pihaknya juga akan membeli truk untuk mengangkut sampah plastik yang ada di masyarakat. Untuk pengadaan mobil sampah akan dialokasikan menggunakan DD tahap ketiga. ”Kalau untuk pengadaan mesin penggiling plastik sudah pada tahap kedua dan sedang dalam pemasangan,” terangnya.

Pejabat sementara Kepala Desa Cilampunghilir Asep Kartiwa mengatakan alokasi dana desa memang tidak hanya direalisasikan kepada infrastruktur, melainkan kepada fasilitas sebagai langkah pemberdayaan masyarakat. “Usaha ini milik masyarakat, agar masyarakat dapat meningkatkan perekonomiannya dengan cara memanfaatkan limbah plastik dan dijual ke BUMDes. Nantinya hasil dari penggilingan itu pun akan dijual lagi oleh BUMDes sehingga ada pemasukan juga untuk PADes,” ungkapnya. (obi)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.