Tingkatkan SDM Masyarakat

76
0
KOMPAK. Kelompok 06 KKN Mahasiswa Unsil di Desa Tarunajaya Kecamatan Sukaraja Kabupaten Tasikmalaya foto bersama usai melaksanakan seminar kewirausahaan, Senin (8/7). FATKHUR RIZQI / RADAR TASIKMALAYA

TASIK – Kelompok 06 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Siliwangi di Desa Tarunajaya Kecamatan Sukaraja Kabupaten Tasikmalaya menggelar seminar dan turnamen bola voli. Kegiatan tersebut dalam rangka pengabdian untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) masyarakat dalam berbagai hal.

“Turnamen bola voli ini untuk pengembangan sumber daya manusia (SDM) dan kreativitas pengembangan bakat di bidang olahraga dalam membangun kekeluargaan, jiwa kejujuran dan sifat adil,” ujar Koordinator Kelompok 06 Desa Tarunajaya KKN Universitas Siliwangi Nizal Fadli Muttaqien kepada Radar, Minggu (14/7).

Kata dia, dirinya bersama teman-teman di kelompok 06 seperti Heidi Andrianto, Annisa Karnia Dewi, Yola Yolanda, Risna Rachmayanti, Rina Nuraeni, Riska Fauziyah Agustin, Hani Khaerunisa, Ai Pipit Fitri R, M Zaky Fadlan M, Elsa Mandalia Agustina, Rediyana, Romi Faraz N, Krisna Raya A, Rian Yunandar, Sri Gantina, Yana Qodriana, Ari Sukma S, Yuniarti Sani D dan Amin Muhsin menggelar turnamen voli pada Minggu (14/7). “Pesertanya sembilan Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) dan empat dusun se-Desa Tarunajaya dengan jumlah 13 tim,” ujarnya.

Lanjut dia, dalam melaksanakan KKN di Desa Tarunajaya selama satu bulan ini sudah membuat program kegiatan yang dapat meningkatkan kesejahteraan dan menjalin kekeluargaan antar elemen warga. Karena melalui olahraga bisa selalu menjunjung tinggi kerja sama antar pemain serta membentuk jiwa sportivitas dan meningkatkan solidaritas sesama masyarakat. “Olahraga voli juga sudah biasa masyarakat lakukan disela waktu, jadi dengan turnamen ini bisa semakin memeriahkan olahraga ini,” katanya.

Selain itu, kata dia, pihaknya juga sebelumnya mengadakan seminar kewirausahaan sebagai wujud meningkatkan kegunaan bahan limbah bordiran untuk dimanfaatkan sebagai peluang usaha menjanjikan. “Dengan adanya KKN tematik kewirausahaan, kami berusaha untuk melakukan pembinaan dan pengembangan usaha yang inovasi dan mandiri,” ujarnya, menjelaskan.

Terpisah, Kepala Seksi Keuangan Pemerintah Desa Tarunajaya Iman Insanudin mengatakan, keberadaan KKN Unsil ini sangat bermanfaat bagi masyarakat. Karena banyak kegiatan yang dilaksanakan, baik untuk pengetahuan dalam peningkatan kesejahteraan mau pun bidang olahraga. “Kegiatan-kegiatan yang dilakukan kelompok ini sangat positif dan bermanfaat. Bahkan masyarakat menjadi banyak pengetahuan untuk lebih mandiri dalam menggeliatkan perekonomian,” katanya.

Ketua Karang Taruna Desa Tarunajaya Kikin menjelaskan kegiatan yang dilaksanakan KKN Unsil ini sangat bermanfaat bagi masyarakat. Terutama seminar yang menjelaskan soal pengelolaan limbah menjadi barang yang memiliki daya jual tinggi. “Warga di sini menjadi banyak pengetahuan dari sosialisasi yang diberikan para mahasiswa Unsil ini,” ujarnya. (mg1)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.