TKSK Fokus Perhatikan Penyandang Disabilitas

3524
0

SINGAPARNA – Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Kabupaten Tasikmalaya menyatakan sikapnya akan fokus memberikan perhatian kepada penyandang disabilitas. Hal itu diungkapkan saat peringatan hari jadi ke-10 TKSK Kabupaten Tasikmalaya di Pendopo Baru Singaparna, Kamis (21/11).

Ketua Pelaksana Kegiatan Peringatan Satu Dasawarsa TKSK Asep Zamzam mengatakan, pada momen ini pihaknya ingin menyampaikan kepada pemerintah daerah bahwa TKSK akan fokus kepada penanganan masalah sosial lebih ke perhatian dan pemberdayaan penyandang disabilitas.

“Kita menghadirkan saudara-saudara kita dari penyandang disabilitas, maksud tujuannya kita ingin menjembatani pemerintah dengan kaum penyandang disabilitas, bahwa mereka layak diperhatikan. Karena punya potensi yang harus digali,” katanya kepada Radar, kemarin.

Kata dia, pemerintah daerah diharapkan mampu memfasilitasi bahkan memberikan perhatian terhadap kaum disabilitas. Hal itu dalam rangka mengatasi permasalahan sosial dan kesejahteraan masyarakat.

“Pada momen ini pun kami memberikan penghargaan kepada keluarga TKSK yang sudah meninggal termasuk para penyandang disabilitas dengan santunan berbentuk uang dan sembako,” katanya.

Jelas dia, pihaknya ingin membangun sinergi dengan pemerintah daerah dalam mengatasi masalah kesejahteraan sosial. Sehingga memberikan pendampingan sosial dan lebih ke arah pemberdayaan. “Karena penyandang disabilitas jika diberdayakan bisa punya keahlian dan mandiri,” ujarnya, menambahkan.

Bupati Tasikmalaya H Ade Sugianto SIP memuji kinerja TKSK yang rela mengorbankan waktu dan pikiran dengan insentif Rp 300.000 dari pemerintah pusat dan Rp 150.000 dari pemerintah daerah untuk menjalankan tugasnya mengatasi masalah kesejahteraan sosial di kecamatan.

“Diakui memang perjuangannya sangat berat, saya bersyukur sekali, pemerintah daerah terbantu dalam hal mengatasi permasalahan sosial. Semoga perjuangannya dicatat Allah Swt,” harapnya.

Kata Ade, para pejuang TKSK ini terkadang harus iuran uang untuk membantu masyarakat yang seharusnya menjadi tanggung jawab bersama. “Maka tahun depan mari berjuang bersama demi kebaikan semua, dalam mengatasi kesejahteraan sosial khususnya mendampingi dan memberdayakan penyandang disabilitas,” katanya. (dik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.