TNI AL Gagas Gerakan Bersih Pantai di Kawasan Kampung Turis

38

PANGANDARAN – Memperingati Hari Dharma Samudera, gerakan bersih pantai digelar di kawasan Kampung Turis, Pantai Barat, Pangandaran, Senin (14/1).

Kegiatan digagas Pos TNI AL Pangandaran bersama para pengelola Kampung Turis.

Komandan Pos TNI AL Peltu Laut (P), Dayat Sudrajat mengatakan meskipun mendadak, namun aksi bersih pantai tersebut direspon positif berbagai komunitas.

Selain Anggota TNI AL, turut berpartisipasi Anggota Koramil 1320/Pangandaran, Satpol Air Pangandaran, Relawan Tagana, Pemuda Pancasila, komunitas club sepeda motor dan lainnya.

“Kalau di kawasan Boulevard sampai pos 1 sering ada aksi bersih pantai. Tapi di Kampung Turis ini jarang sekali. Makanya kita bergeser, karena disini juga banyak sampah,” ungkapnya kepada Radar.

Dikatakannya, masyarakat Pangandaran harus bangga karena memiliki laut yang indah dan menjadi tempat pariwisata favorit di Jawa Barat.

Karena itu, dirinya mengajak semua lapisan masyarakat untuk merawatnya. “Minimal kita tidak mengotori laut. Jangan membuang sampah ke sungai atau di pantai,” ujarnya.

Dayat berharap, kegiatan ini menjadi momentum agar semu pihak, termasuk komunitas di kampung turis semakin mencintai laut dan menjaga kebersihannya.

“Mulai hari ini mari kita semua mengurangi penggunaan kantong plastik. Habitat laut kita sudah banyak yang tercamar,” ungkapnya. (nay)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.