TNI-Polri Satukan Kekuatan Jaga Pilbup Pangandaran

156
0
Istimewa. PERSIAPAN. Satuan pengamanan Pilkada 2020 siap melaksanakan tugas pada proses pungut hitung 9 Desember.
Istimewa. PERSIAPAN. Satuan pengamanan Pilkada 2020 siap melaksanakan tugas pada proses pungut hitung 9 Desember.
Loading...

PANGANDARAN – Jelang pungut hitung suara pada Rabu (9/12) mendatang, satuan pengamanan terdiri dari TNI, Polri, serta dari Pemkab Pangandaran melaksanakan Apel Pergeseran Pasukan Pengamanan Pilkada Pangandaran.

Ratusan personel gabungan tersebut terdiri dari 1 Satuan Setingkat Pleton (SST) gabungan perwira, 1 Satuan Setingkat Kompi (SSK) gabungan TNI terdiri dari Subdempom, Kodim 0613/Ciamis, TNI AL, 1 SSK Polres Ciamis, 1 SSK gabungan Satpol PP dan Linmas Pangandaran. Selain itu juga dibantu oleh 1 SSK Sat Brimob Polda Jabar, dan 3SSK gabungan BKO Polres Banjar dan Polres Kuningan.

Kapolres Ciamis AKBP Dony Eka Putra mengatakan, apel pergeseran ini dilaksanakan untuk mengecek kesiapan sarana dan prasarana dalam rangka menghadapi tahapan pungut hitung di Pilkada Pangandaran.

“Para petugas diminta untuk memahami tugas pokok yang salah satunya pelaksanaan Pilkada secara serentak tahun ini harus sukses tanpa ekses,” ungkapnya saat apel, Senin (7/12).

Baca juga : Di Masa Tenang, Begini Kata KPU Pangandaran

Loading...

Kata dia, ada 4 sasaran kegiatan operasi yang sudah berjalan dan perlu dijaga. Pertama adalah orang, individu maupun kelompok, kedua barang ataupun bangunan, ketiga logistik (Pergeseran logistik harus melibatkan pengawalan dari TNI, Polri, Satpol PP dan Linmas) dan keempat harus mengamankan kegiatan.

“Terkait dengan pola pengamanan yang dilaksanakan, yaitu pola TPS sangat rawan, pola TPS rawan dan pola TPS kurang rawan. Sehingga masing-masing personil harus mengetahuinya dan harus di-mapingkan dari sekarang,” ujarnya.

Ia menekankan kepada para petugas untuk segera bergeser ke lokasi TPS dan kenali wilayahnya serta harus mengenal petugas di TPS.

“Lakukan pendekatan kepada para tokoh yang ada di lokasi dan harus menjaga netralitas, tidak ada kegiatan personel yang mengindikasikan mendukung salah satu Paslon,” katanya.

Ia juga minta kepada semuanya untuk menjaga kesehatan, serta tidak lupa untuk menghimbau kepada masyarakat untuk senantiasa mematuhi protokol kesehatan.
Kata dia, sangat penting untuk menjaga kondusivitas selama pungut hitung dan pasca pungut hitung nanti. “Semuanya harus menjaga kamtibnas,” ungkapnya. (den)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.