Evakuasi dan Bantu Korban Angin Puting Beliung

TNI-Polri Terjunkan Anggota

19
EVAKUASI. Kapolres Banjar AKBP Matrius bersama Dandim 0613 Ciamis Letkol Arm Tri Arto Subagio meninjau lokasi bencana puting beliung di Kecamatan Langensari Jumat (11/1).

BANJAR – Polres Banjar bersama Kodim 0613/Ciamis melaksanakan evakuasi, antisipasi dan pemberian bantuan kepada korban angin puting beliung di Kecamatan Langensari.

“Paling berat itu ada di belakang saya di Lingkungan Margasari RT 05 RW 05 Kelurahan Balokang Kecamatan Langensari, dimana ada enam orang menempati dua rumah dan dua-duanya kebetulan ibu dan anak rumahnya terkena pohon yang tumbang akibat angin puting beliung,” kata Kapolres Banjar AKBP Matrius Jumat (11/1).

Ia menjelaskan tidak ada korban jiwa atau korban luka dalam peristiwa itu. Tapi banyak korban yang trauma. “Para korban kami cek tekanan darahnya dan memang agak tinggi tekanan darahnya dan kami beri obat penenang dan vitamin serta kami upayakan pendampingan sebagai trauma healing agar korban ini pulih kembali secara psikis,” kata dia.

Selama di lokasi, pihaknya membantu mengevakuasi korban dan barang-barang yang penting, membersikan material-material yang mengalami kerusakan dan melakukan antisipasi lanjutan apabila terjadi angin puting beliung. “Dan saat ini kami masih melakukan pemotongan terhadap pohon-pohon yang berpotensi tumbang apabila terjadi angin puting beliung,” katanya.

Pihaknya mengimbau masyarakat mulai melakukan peningkatan kewaspadaan, berkoordinasi dengan unsur pemerintahan dan tokoh-tokoh agar kemungkinan bencana bisa dihindari. “Jenis bantuan yang diberikan berupa material-material untuk pembangunan perbaikan musala dan rumah seperti asbes kayu dan lain sebagainya dan makanan cepat saji seperti mi instan, biskuit dan air mineral,” katanya.

Pasi Intel Yonif Raider 323/BP Kostrad Lettu Inf Muhammad Fikri ST. Han mengatakan berdasarkan informasi yang diperolehnya, sebanyak dua rumah rusak sedang di Desa Rejasari, 14 rumah rusak di Kelurahan Bojong Kantong dan satu rumah rusak sedang di Desa Mulyasari. “Angin puting beliung menerjang wilayah Kecamatan Langensari dan Kecamatan Pataruman yang didahului hujan deras selama lebih kurang 20 menit. Terjangan angin ini mengakibatkan beberapa pohon tumbang bahkan hingga menimpa rumah warga dan musala,” katanya.

Danyonif Raider 323/BP Letkol Inf Agust Jovan Latuconsina MSi (Han) menerjunkan satu regu anggotanya untuk membantu warga mengatasi dampak angin kencang tersebut. “Anggota Raider 323 Kostrad terpanggil untuk segera membantu warga terdampak bencana, terlebih lokasi angin puting beliung ini tidak jauh dari Markas Yonif Raider 323/BP Kostrad di Kecamatan Purwaharja,” ujar Letkol Jovan.

Diberitakan sebelumnya, hujan deras disertai angin kencang yang menerjang sebagian wilayah Kota Banjar menyebabkan sejumlah pohon tumbang dan menimpa 17 rumah milik warga. Rumah rusak terjadi di Kelurahan Bojong Kantong Kecamatan Langensari, Desa Rejasari, Desa Mulyasari dan Kujangsari. (cep)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.