TNI Turut Menjaga Perdamaian Dunia

7
PERINGATAN HARI JADI. Anggota TNI melakukan devile saat peringatan HUT ke-73 TNI Tingkat Kodim 0613 Ciamis di Taman Lokasana Kabupaten Ciamis Jumat pagi (5/10). (Iman S Rahman/radartasikmalaya.com)

CIAMIS – Tentara Nasional Indonesia (TNI) memperingati HUT ke-73, Jumat (5/10). Dalam kesempatan itu, Dandim 0613 Ciamis Letkol Arm Reza Nur Patria MSi menjelaskan bahwa TNI bahu membahu meringankan beban rakyat di daerah bencana, turut serta menjaga perdamaian dunia, ikut mengamankan Pemilu serta memastikan netral dalam hajatan demokrasi 2019, membantu pemerintah mengatasi aksi terorisme dan menjaga kedaulatan NKRI.

“Makanya kami dalam Peringatan HUT TNI yang ke-73 tahun 2018 ini mengambil tema Profesionalisme TNI untuk Rakyat, Red,“ jelas Dandim saat upacara HUT ke-73 TNI Tingkat Kodim 0613 Ciamis Jumat pagi (5/10) di Taman Lokasana Kabupaten Ciamis.

Dandim pun menerangkan TNI juga selalu turut serta menjaga perdamaian dunia. Untuk itu, TNI mengirimkan pasukan Garuda ke berbagai negara.

“Tantangan TNI saat ini maupun di masa depan yang semakin kompleks perkembangan politik, ekonomi dan teknologi global telah menciptakan ruang atau dimensi dan metode peperangan baru,” ujarnya.

Perang baru, kata dia, tidak lagi terbatas atau restricted war. Perang baru masuk ke berbagai dimensi. Seperti perang ekonomi, perang dagang, perang hukum, perang cyber, perang opini dan perang mata uang.

TNI sebagai satuan siaga membantu pemerintah juga mengatasi aksi terorisme, penegakan hukum di laut, pengamanan di wilayah udara serta dalam pengamanan event-event strategis nasional dan internasional.

”Sehingga TNI harus terus mentransformasi diri menjadi kekuatan militer yang profesional, andal dan kapabel,” ujarnya.

“Makanya tugas kami TNI selain perang, pengamanan pemilu dan TNI berkomitmen untuk menjaga netralitas dalam pelaksanaan Pemilu tahun 2019,“ ujarnya. (isr)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.