Tol Bandung-Tasik Dikerjakan 2018

571
0
DIKI SETIAWAN / RADAR TASIKMALAYA NAIK SISINGAAN. Wakil Gubernur Jabar Deddy Mizwar saat naik sisingaan di Desa Tanjungkarang Cigalontang, Kamis (2/11).

SINGAPARNA – Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar menyatakan proyek pengerjaan Tol Bandung-Tasik akan mulai dikerjakan pada 2018. Pada akhir Oktober kemarin, pihaknya sudah bertemu dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpera) membahas hal tersebut.
“Insya Allah akan dimulai tahun depan,” ujar Deddy saat diwawancara Radar usai peresmian jaringan listrik pedesaan di Desa Tanjungkarang Kecamatan Cigalontang, Kamis (2/11).
Menurut dia, hasil pembicaraan dengan Kemenpera akan dibuat terlebih dahulu trase pilihan di 2018. ”Jadi kita ambil trase yang Cileunyi-Majalaya dulu baru Garut. Supaya semua kota kabupaten di Priangan Timur dapat terlewati,” terang Deddy.
Dia menerangkan ada tiga alternatif jalur tol tersebut. Pertama dari Bandung melalui Garut dan berakhir di Kota Banjar. Kedua melalui Ciawi ke arah Malangbong lalu ke Tasikmalaya dan Kota Banjar. Ketiga melalui Singaparna sampai ke Kota Banjar.
Sekretaris Dinas (Sekdis) Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Tasikmalaya Mamik M Fuadi ST menjelaskan pemerintah daerah sendiri pada 2018 akan membangun jalan-jalan pendukung atau arteri seperti jalur lingkar selatan dan lingkar utara. “Dibangun untuk mendukung percepatan transportasi ketika tol nanti selesai dibangun melewati Tasikmalaya bagian utara,” terang Mamik di DPRD kemarin (3/11).
Kepala Dinas PUPR Kabupaten Tasikmalaya Drs Bambang Alamsyah MM menambahkan tahapan pengkajian proyek tol sampai tahun ini mendekati rampung.
”Saya tidak terlalu tahu persis perkembangan karena menyangkut kewenangan yang ada di pusat. Kalau tidak salah saat ini sudah masuk kajian akhir,” terangnya. (dik)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.