Tol Baticap 13 Km Melintasi Kawasan Kota Tasik

27083
21
Peta Tol bandung-tasikmalaya-Cilacap (Baticap)

KOTA TASIK – Pengerjaan proyek Tol Bandung, Tasikmalaya, Cilacap (Baticap) mulai dikebut.

Selain bakal dimulainya proses lelang, pihak Dirjen Binamarga Kementerian PUPR mulai melakukan langkah ekspos di tingkat daerah yang terlewati trase tol tersebut.

Rabu (22/07) siang, Dirjen Binamarga mengumpulkan pihak pemerintah daerah Kota dan Kabupaten Tasik untuk membahas penyampaian dokumen perencanaan pengadaan tanah.

Dokumen perencanaan pengadaan tanah itu untuk penerbitan penetapan lokasi pekerjaan pembangunan Jalan Tol Gedebage, Tasikmalaya, Pangandaran.

Jalan Tol ini diawali dengan pengerjaan trase dari Gedebage, Majalaya, Garut, Tasik.

Ekspos dokumen perencanaan ini pun dilakukan di Hotel Horison, sejak pukul 09.00 WIB dengan mengundang pihak Pemkab Tasikmalaya dan pukul 13.00 WIB pihak Pemkot Tasikmalaya.

“Penetapan lokasi ini targetnya tuntas akhir Desember ini dan awal Januari 2021, dimulai proses pembebasan lahannya. Ini semua kita serahkan nanti ke BPN juga,” ujar Asda II Pemprov Jabar, Dewi Sartika dalam pertemuan itu.

“Sosialisasi ini mengedukasi kepada masyarakat tujuannya untuk masa depan lebih baik dalam rangka meningkatkan pendapatan, investasi dan lain sebagainya,” sambungnya.

Terang dia, nanti dalam proses ini penting juga pemberkasan bagi bidang-bidang yang punya tanah. Kemudian dilanjutkan dengan tahap konsultasi publik.

“Bagaimanapun kita semua punya visi yang sama dalam mewujudkan Tol ini dan semoga target 2022 selesai serta segera dapat dipergunakan,” terangnya.

PPK Lahan Dirjen Binamarga Kementerian PUPR, Ade Sudrajat menuturkan, panjang tol yang melintasi wilayah Kota Tasik sekitar 13, 40 Km.

“Status tanah di Kota Tasik yang akan digunakan jalan tol adalah sawah irigasi hampir 60 persen. Sisanya sawah tadah hujan 20 persen serta pemukiman 20 persen,” tuturnya.

Sedangkan, Wali Kota Tasik, Budi Budiman berpesan agar apa yang jadi kebutuhan pemerintah pusat dan provinsi dalam proses pembangunan tol dapat dibantu semua pihak.

Maka dari itu pihak kecamatan (Mangkubumi, Kawalu, Cibeureum dan Kawalu) serta kelurahan-kelurahan di 4 kecamatan itu wilayahnya akan tergerus trase tol ini dihadirkan dalam pertemuan tersebut.

“Momentum tol ini harus kita syukuri dan optimalkan. Karena ini menjadi mimpi masyarakat Kota Tasik dan umumnya masyarakat Priangan Timur yang terwujud,” tukasnya.

(rezza rizaldi)

Loading...
loading...

21 KOMENTAR

  1. Sawah orang tua saya kena kata nya pak.. terus dari sekarang harus mempersiapkan akta / sertipikat tanah nya.. di karnakan sawah yg org tua saya miliki masih sppt. Pertanyaan nya setelah di tanyakan pembuatan sertipikat/akta harus punya dana 10jt’an.. kalau bisa d bantu atuh pak, ada pemutihan atau pembuatan sertipikat/akta kolektip biar lebih ringan dana yang keluarkan nya, apalagi di masa pandemi seperti ini
    Mohon untuk di perhatikan pak.

  2. Berhutang tapi kan bukan uang mati.dari uang tol bisa buat membayar utang.klo gak dari utang dulu dari mana.patungan warga …kapan bisa terealisasi kang.bersusah susah dahulu bersenang2 kmdian…

  3. Ayo pa jokowi,,,,selesaikan dengan cepat,tepat & bermutu,,,pintu utama / gardu ada keluar masuk ada 33 pa jokowi,,rekor,,,

  4. Alhamdulilah,
    Mugi kapayunna langkung manfaat kanggo sadayana, oge kanggo pun putra M. Syabil AK. Dina waktosna anjeunna tiasa kana tol pami bade ka pun Eyang di Tasik.

  5. Mudah mudahan tukang warung nasi, restoran, tukang kerajinan teu gulung tikar. Kedah diperhatoskeun strategi na pa. Margi panginten moal tiasa muka warung nasi dijalan tol mah, engke mah seueur nu ngangge tol, nu ngalangkung saalit panginten

  6. Hadeeuhhh…. Pan eta oge patungan rakyat.. Tetep rakyat nu mayar…bisa dgn cara lain atuh sitaan aset nu koruptor kelas teri sampe kakap ( anu cenah trilyunan) …sitaan aset bandar narkoba.. ( anu cenah ratusan milyar) atawa kurangi anggaran pusat dan daerah nu teu pro rakyat…

  7. SBY cuma jago berencana,giliran merealisasikan rencananya mangkrak dikorupsi,Jokowi tetap yg terbaik buat memimpin NKRI tercinta ini.

  8. Ukur mikiran pribadi wungkul, teu kapikir efe negif ayana tol, coba sabaraha rebu pengusaha nu gulung tukar akibat aya tol bandingkeun dampak posiip ekonomi lamu aya tol, ngenah mudik wungkul nu sataun belum tntu tiap bulan tp rusakna jonomi rakyat, blm laginol hasil ngutang bayarna ngandelkeun bayaran tol moal banding bray. Moal sarame jalur bandung jaarta balik lla, kaburu disita kunu mere hutang

  9. Ga usah membicarakan pemerintah yg terdahulu.. setiap pemimpin ada plus minusnya..pak SBY memang setiap mau membangun selalu memperhatikan untung ruginya dan surplus tidak membebani keuangan negara ..jangan sampai membangun dana nya dpt ngutang..coba anda rasakan sendiri kalau bangun rumah dpt ngutang apakah akan tidur nyenyak..kalau bisa ngebangun cuma dari ngutang semu juga bisa..ingat bangsa ini sedang terlilit hutang yang sangat tinggi salah sedikit semuanya bakal milik org lain alias disita kita cuma jadi penonton dinegeri ini..

  10. turut bersyukur semoga sukses terutama yang terlewati/tergeurus di 177 bidang bagi Warga Masyarkatdi Kampung Wisata Ciakar Kecamatan Cibeureum Kota Tasikmalaya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.