Siapa calon Bupati Tasikmalaya pilihan anda?

0.1%

1.1%

88.5%

3.1%

0.3%

5.9%

0%

1%

0%

Tol Cigatas Dibuka, Destinasi Wisata Belanja dan Kuliner Harus Jadi Unggulan

649
0

INDIHIANG – Rencana pembangunan Tol Cileunyi-Garut-Tasikmalaya (Cigatas) yang akan dimulai tahun ini tentunya bukan sekadar wacana belaka.

Sebab, tahun ini proses lelang pengerjaan proyek tol kebanggaan masyarakat Kota Tasik itu bakal dimulai.

Ketua DPRD Kota Tasik, Agus Wahyudin, menyambut baik rencana tersebut. Sebab, Kota Tasik sebagai ibu kota Priangan Timur (Priatim) Provinsi Jawa Barat sudah selayaknya mendapat akses jalur transportasi bebas hambatan.

“Wilayah kita memang jadi bagian dari tujuan Tol Cigatas.Tapi ada 3 program pokok ketika tol masuk ke kita maka harus dipersiapkan Pemkot Tasik,” ujarnya kepada radartasikmalaya.com, Jumat (19/7).

Terang Agus, salah satu dari 3 program itu adalah bagaimana Kota Tasik menjadi daerah wisata tujuan wisatawan lokal Priatim.

“Kesiapan kita bagaimana menyiapkan infrastruktur wisata. Salah satunya juga siapkan Sumber Daya Manusia (SDM)-nya untuk peningkatan pariwisata,” terangnya.

Jenis wisatanya, beber politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu adalah bisa wisata seperti di negara Singapura yaitu wisata belanja, ataupun seperti di Kota Bandung.

“Program pilihan kita itu harus di pariwisata sudah tepat. Sebab program wajib kita adalah wisata, lalu pertanian. Destinasi itu diciptakan dan kita tak andalkan lagi destinasi yang disediakan alam,” bebernya.

“Diciptakan maka muncullah Tasik Kota Kreatif. Disamping yang ada, ya dibangun yang sarana kreatif lainnya dan dipelihara. Namun kota besar yang maju kami lihat tak ada destinasi wisata dari alam. Singapura dan Bandung saja menciptakan destinasi wisata,” sambungnya.

Potensi menciptakan destinasi wisata yang mendongkrak perekonomian masyarakat jika tol dibuka, jelas Agus, sudah tersedia.

“Potensinya untuk diciptakan sudah ada. Seperti wisata kuliner dan belanja. Tinggal menggencarkan lagi promosinya,” jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, Wakil Wali (Wawali) Kota Tasikmalaya, HM Yusuf menegaskan, Tol Cileunyi-Garut-Tasikmalaya (Cigatas) bakal segera terwujud. Apa yang diidamkan masyarakat Kota Tasik yang bisa menikmati akses lalu lintas tol dipastikan dia pasti terealisisasi.

Bahkan, kata dia, proses lelang Tol Cigatas tersebut bakal dilakukan di tahun ini. Hal itu ditegaskan dia kepada radartasikmalaya.com saat ditemui usai menghadiri Pembukaan Jambore TP PKK di Balaikota, Kamis (11/7).

“Informasi yang saya terima dari Menteri PUPR, lelangnya akan dilakukan tahun ini. Jadi sebentar lagi Kota Tasik akan menikmati akses tol. Tepatnya nanti tol itu akan dibuka di Bungursari,” katanya.

Terang dia, keberadaan akses tol ini memang telah dinantikan masyarakat Kota Tasik sejak lama. Dan akhirnya, kini telah mendapatkan informasi kejelasan soal Tol Cigatas tersebut. Apalagi dampak positif dari akses tol ini sangat banyak.

“Walaupun mungkin nantinya kita sedikit mengeluarkan biaya, namun kalau kita ingin berpergian jauh ke Bandung atau Jakarta, saya kira itu tidak masalah. Karena terhindar dari kemacetan di Gentong maupun di Nagreg,” terangnya.

Dia sedikit menceritakan pengalaman pribadinya saat harus berpergian ke Bandung pasca Lebaran.

“Berangkat jam 10 malam, nyampe Bandung jam 5 pagi. Mudah-mudahan Tol Cigatas yang segera terwujud ini menjadi solusi utama untuk berpergian jarak jauh yang memangkas waktu karena terhindar dari kemacetan,” harapnya.

Jelas dia, perkembangan Tol Cigatas ini didapat dia saat dirinya diundang Presiden Jokowi dan bertemu langsung Menteri PUPR.

Dalam kesempatan itu, dia sempat berdiskusi dengan Jokowi hingga akhirnya mendapatkan informasi kepastian proses lelangnya digelar tahun ini. (rez)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.