Tol Dibangun, Tasik Maju

237
0
PERESMIAN MASJID. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menghadiri peresmian Masjid Al-Muhajirin Universitas Siliwangi, Jumat (12/7). Firgiawan / Radar Tasikmalaya

TAWANG – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yakin kehadiran Tol Cileunyi-Garut-Tasikmalaya (Cigatas) yang kini berubah menjadi Tol Gedebage-Majalaya-Garut-Tasikmalaya mampu mendongkrak kemajuan di wilayah Priangan Timur.

Saat ini, proses pembangunan tol tersebut memasuki tahap pelelangan proyek dan penentuan lokasi oleh pemerintah pusat. “Saat ini mulai lelang dan penentuan lokasi, mudah-mudahan kalau segera selesai akan menambah potensi kemajuan di Priangan Timur,” ucapnya saat menghadiri peresmian Masjid Kampus Al-Muhajirin Universitas Siliwangi Tasikmalaya, Jumat (12/7).

Menurutnya, saat ini di wilayah Tasikmalaya sendiri dari sisi pendidikan sudah terlihat berkembang dengan hadirnya perguruan tinggi negeri (PTN). Peminat yang mendaftar saja sudah menyentuh angka 17 ribu pendaftar, padahal kuota penerimaan hanya 1.500 saja dengan berbagai tahapan seleksi. Apalagi, lanjut dia, ketika nanti akses tol terbangun tentunya kemajuan daerah di berbagai aspek akan lebih meningkat. “Kami pun akan mendukung pembangunan Kampus Unsil 2 yang akan didiskusikan dengan Pak Rektor mengenai prioritas per tahunnya apa saja,” kata pria yang akrab disapa Emil itu.

Dia berharap masyarakat Priangan timur khususnya lulusan kampus bisa memiliki keahlian di era industri 4.0 ini. Termasuk, pembangunan spiritualitas, sehingga bisa bersinergi dalam mendukung program Jabar Juara Lahir Batin. “Nantinya akan terlihat dari lulusan Unsil yang seimbang antara keilmuan, kesalehan, dan pembangunan kewilayahannya. Ini salah satu yang harus disiapkan,” ujarnya.

Setelah terbangun akses tol, Emil menilai perlu sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas di wilayah Priangan Timur. Terbukanya akses tol akan mendorong kemajuan lainnya seperti sektor pariwisata. “Maka perlu SDM, karena potensi alam di sini bagus. Pertanian juga bagus, bahkan ekspor sudah ada dari Tasikmalaya,” tuturnya.

Ketua Komisi III DPRD Kota Tasikmalaya H Heri Ahmadi mengatakan, informasi yang diterimanya Kecamatan Bungursari akan menjadi wilayah yang menjadi akses tol. Pintu masuk-keluar tol nantinya akan meramaikan wilayah tersebut termasuk mendorong kemajuan ekonomi masyarakat. “Secara tata letak, apabila exit tol di sana tepat, karena, tidak langsung ke dalam kota,” kata Heri.

Selain itu, kata dia, Bungursari cukup berdekatan dengan wilayah Kabupaten Tasikmalaya dan bisa langsung mengakses ke Kabupaten Garut. “Nantinya wilayah perkotaan kita, tidak hanya terkonsentrasi di central seperti Cihideung dan Tawang saja. Pemerataan wilayah keramaian jadi terbagi-bagi,” ucapnya. (igi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.