Tol Lintasi Kota Tasik Mulai Dikebut, Tata Ruang Harus Siap

2781
1
TOL Cigatas

BALEKOTA – Kehadiran Tol Bandung-Garut-Tasikmalaya di jalur selatan Kota Tasikmalaya disinyalir bakal menggerus sejumlah lahan pertanian.

Mengingat jalur baru tersebut bakal melintasi Kecamatan Mangkubumi, Kawalu dan Tamansari, yang notabene memiliki areal pertanian cukup luas.

Wali Kota Tasikmalaya, Drs H Budi Budiman menyebut apabila ditinjau dari Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) eksisting, jalur selatan peruntukannya didominasi lahan pertanian.

Sehingga, terang dia, otomatis masuknya tol yang direncanakan menyentuh 3 kecamatan itu sedikit banyaknya bisa mengurangi lahan pertanian yang dimiliki Kota Tasik.

“Memang lahan pertanian akan berkurang, tetapi kami nilai tidak terlalu signifikan,” tuturnya kepada radartasikmalaya.com, usai menghadiri pembahasan RTRW di Aula Bappelitbangda, Kamis (19/9).

Menurutnya meski penetapan lokasi tol masih belum 100 persen, pihaknya bersiap diri. Selagi Pemkot tengah merevisi RTRW untuk jangka waktu 20 tahun ke depan. Dia menjelaskan ketika tol masuk, Pemkot berencana menetapkan area industri di sekitar jalur tol.

Sebab, selama ini investor yang hendak berusaha di Kota Tasikmalaya cenderung kebingungan kaitan distribusi produknya apabila mengandalkan Jalur Nagreg-Gentong.

“Sesuai visi misi kita, kota industri dan perdagangan, adanya tol kita manfaatkan untuk ke arah sana. Diharapkan nanti bisa serap tenaga kerja, dongkrak produk unggulan daerah, seperti bordir, kelom, batik. Investor nanti bisa buka industri bahan bakunya,” bebernya.

Peluang itu, tukas dia, merupakan hal paling memungkinkan untuk diatur Kota Tasikmalaya. Selain dengan memanfaatkan akses tol, upah pekerja di Kota Resik pun masih relatif rendah apabila dibandingkan wilayah industri seperti Bandung atau Jabodetabek.

“Namun tak cukup modal itu saja, tentu kita juga harus siapkan tata ruang dalam mengatur pembangunan industri itu sendiri. Jangan sampai iklim investasi kita geliatkan tapi tata ruang belum siap,” tukasnya. (rezza rizaldi/radartasikmalaya.com)

1 KOMENTAR

  1. Ya memang berkurang nya lahan pertanian jumlah nya tidak signifikan yg di pake jalan tol,,tapi berkaca dari yg sudah sudah biasa nya,,ada nya jalan tol,maka ada pemukiman baru,🙏🙏🙏
    #tasiksiap

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.