Tong Sampah Lucu Hiasi Pantai Pangandaran

94

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

PANGANDARAN – Ratusan tong sampah baru kini bisa dilihat sepanjang Pantai Pangandaran, tong sampah tersebut menjadi daya tarik masyarakat dan wisatawan karena memiliki bentuk yang lucu.

”Ada 120 tong sampah yang bentuknya hewan laut seperti pinguin, kura-kura dan lain-lain, sementara yang bentuknya rumah-rumahan ada 35 buah, enam berbentuk kontener kecil dan enam lagi berbentuk bunga,” tutur Kasi Pengelolaan Sampah Dinas Ling­kungan Hidup dan Kebersihan Kabu­paten Pangandaran Abay Bayanullah kepada Radar, Minggu (4/11).

Lanjut dia, pengadaan tong sampah tersebut satu paket dengan pengadaan alat untuk pengelolaan sampah terpadu di Cikembulan. ”Itu anggarannya dari pusat, totalnya sekitar Rp 1,2 miliar, itu termasuk sarana dan prasarana juga. Bukan hanya untuk tong sampah ,”ujarnya

Menurut dia, tong sampah tersebut hanya menampung sampah dari daerah wisata, sebagian sampah tersebut akan dibawa ke tempat pengelolaan sampah Cikembulan. ”Untuk tempat sampah yang sebelumnya ada disana, akan dipindahkan ke pinggir sampah,”ujarnya.

Lanjut Abay, setiap tahunya pengadaan tong sampah di Kabupaten Pangandaran mencapai 200 buah. ”Tahun kemarin juga ada 200 yang ditempatkan di daerah wisata dan tempat umum seperti taman dan lain-lain, “ katanya.

Sementara untuk pengadaan tong sampah di pedesaan, lanjut dia, dilakukan oleh pihak desa melalui ADD. ”Karena ada berapa beberapa yang bisa dialkosikan untuk uruan kebersihan,” jelasnya.

Menurutnya, tong sampah yang bentuknya lucu bisa menjadi daya tarik bagi wisatawan. ”Agar terlihat berwarna pantai pangandaran ini, “ ujarnya.

Salah seorang warga Suyono (45) mengatakan tong sampah berbentuk hewan laut tersebut, sangat bagus untuk menarik para wisatawan. ”Yah baguslah, sekali-kali bentuknya itu lucu kaya gini,” terangya. (den)

CALEG KITA

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.