Tower Ilegal di Pintusinga Disegel

44
0

BANJAR – Menara telekomunikasi (tower) ilegal di wilayah Pintusinga RT 02 RW 17 akhirnya disegel Satpol PP Kota Banjar. Tower yang sudah berdiri sekitar tahun 2015 itu disegel dan digembok penegak perda disaksikan Korwas Pejabat Pegawai Negeri dari Polres Banjar, Dinas Perizinan, Lurah dan RT setempat pada Rabu (27/11).

Penyidik PPNS Satpol PP Kota Banjar Aep Sapudin mengatakan penyegelan berdasar pada Perda Menara Telekomunikasi. Penyegelan juga bersifat sementara hingga pihak pemilik tower mengantongi izin.

“Tower ini ditindak karena tidak memiliki izin. Penyegelan akan dilepas jika perusahaan sudah bisa memiliki izin resmi,” kata Aep Rabu (27/11).

Penyegelan dilakukan setelah menempuh prosedur penindakan dari mulai pemberian surat teguran hingga peringatan berjenjang oleh Satpol PP Kota Banjar ke pemilik tower. Namun pemilik tower tidak mampu membuktikan perizinannya secara resmi sesuai Perda nomor 5 tahun 2013 tentang Pengendalian Menara Telekomunikasi. Untuk operasional tower juga masih menyala karena aliran listrik sendiri merupakan kewenangan PLN.

“Kami sudah menyurati PLN untuk memadamkan aliran listrik ke tower tersebut tapi belum ada jawaban,” tutur Aep.

Menanggapi itu, kuasa hukum warga terdampak tower Hendrayana mengapresiasi tindakan Satpol PP. Namun ia tak puas hanya dengan disegel, sementara tower masih beroperasi. Katanya akan percuma jika penindakan tower hanya disegel tanpa dipadamkan aliran listriknya.

Manager Unit Layanan Terpadu PLN Kota Banjar Kelik Kurniawan bersikeras aliran listrik ke tower tidak bisa dicabut karena pembayarannya tepat waktu.

“Kita tidak berdasar izin IMB untuk pemasangan listrik ti tower tersebut pak. Selama mereka tidak telat membayar, kami tidak bisa memutus. Kecuali ada putusan pengadilan terkait status perizinannya,” katanya. (cep)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.