Tower Ilegal di Kota Banjar Disegel Pekan Depan

59
0
ilustrasi

BANJAR – Kepala Satpol PP Kota Banjar Edi NR menegaskan penindakan menara telekomunikasi (tower) ilegal di wilayah Pintusinga RT 02 RW 17 Kecamatan Banjar akan secepatnya dilakukan. Tower yang saat ini masih berfungsi kemungkinan besar akan dimatikan.

Kata dia, tower tersebut ilegal dan sudah jelas melanggar Perda Kota Banjar tentang pendirian menara telekomunikasi yang harus memiliki izin tertulis.

“Pekan depan pastinya dilakukan penindakan penyegelan bersama kejaksaan dan polisi. Sekarang sudah masuk tahap penyidikan. Ini merupakan perintah dari wali kota,” kata Edi di ruang kerjanya Jumat (22/11).

Meski proses penindakan terus dijalankan, Edi tak menghalangi pihak perusahaan pemilik tower menempuh prosedur pembuatan izin mendirikan bangunan (IMB) tower. Ia mengatakan jika perusahaan sudah mengantongi IMB, maka penindakan akan dicabut. Tower bisa beroperasi kembali.

“Soal penindakan terus kita jalani karena sudah prosedur. Kalau perusahaan mau menempuh proses pengajuan perizinan silakan ditempuh sesuai aturan dan persyaratan ke Dinas Perizinan. Kewenangan kami dalam penegakan perda tidak akan berhenti di tengah jalan,” tegas Edi.

Ia juga menjelaskan Pemerintah Kota Banjar melalui OPD terkait tengah mengkaji zonasi keberadaan titik tower di seluruh wilayah Kota Banjar.

“Sudah dua kali kami melaksanakan rapat bersama OPD terkait membahas persoalan zonasi. Wali kota memerintahkan untuk dikaji kembali supaya aturan tower ini bisa memudahkan investor dalam menjalankan usahanya di Kota Banjar,” katanya.

Kuasa hukum masyarakat terdampak tower ilegal Hendrayana mengapresiasi upaya penindakan yang dilakukan Satpol PP Kota Banjar. Ia berharap tak hanya penindakan, tuntutan masyarakat terdampak pun harus diselesaikan perusahaan pemilik tower.

“Saya selaku kuasa hukum masyarakat terdampak tower mengapresiasi kinerja Satpol PP. Artinya selain menegakan perda, laporan kami juga ditindaklanjuti,” kata dia. (cep)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.