Tower Seluler Disegel Pol PP, Warga Diminta Laporkan Jika ada di Lingkungannya tak Berizin

54
SEGEL TOWER. Tower seluler berjenis monopole disegel Satpol PP Kota Tasikmalaya, Rabu (13/2). Bangunan itu berdiri dan beroperasi tanpa mengantongi izin. Firgiawan / Radar Tasikmalaya

CIBEUREUM – Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP-Damkar) Kota Tasikmalaya menyegel menara selular berjenis monopole di Kampung Sukasari RT 02 RW 08 Kelurahan Setiaratu Kecamatan Cibeureum.

Penyegelan tersebut sebagai tindak lanjut surat teguran yang sudah tiga kali dilayangkan, tetapi tidak direspons.

“Tower ini tidak berizin, maka selama belum mengantongi legalitas dilarang beroperasi. Kita akan koordinasi dengan PLN supaya aliran listriknya diputus,” ujar Kepala Dinas Satpol PP dan Damkar Kota Tasikmalaya H Budy Rachman di sela-sela penyegelan, Rabu (13/2).

Dia meminta warga sekitar proaktif dalam melaporkan aktivitas pembangunan di lingkungannya ke Pol PP. Pembangunan tower itu disinyalir sudah beraktivitas kurang lebih sekitar tiga bulan dari mulai pendirian fondasi hingga berdiri dan beroperasi.

“Teman-teman di kelurahan dan kecamatan juga kami dorong supaya proaktif. Di samping peran warga sangat penting, jangan menunggu ada persoalan atau sudah berdiri seperti ini baru disikapi,” tuturnya.

Warga RT 02 RW 08 Kampung Sukasari Sidik Amin (45) mengaku sudah berulang kali melaporkan ke pemerintahan setempat dan dinas terkait mengenai tower tersebut. Instalasi listrik yang mengaliri bangunan tower selular itu dikeluhkan warga karena menumpang di tiang milik PLN.

“Kemudian, dari sisi aturan juga tampaknya bangunan tower ini tidak diperbolehkan karena radius jatuhan berdekatan pemakaman dan fasilitas pendidikan,” ujar dia.

Ketua RW 08 Kampung Suka­sari Asep Saepudin me­ngaku tidak tahu persis berke­naan izin pendirian tower di wilayahnya itu. Sejauh ini, warga di wilayah radius jatuh­an tidak mempersoalkan ada­nya pendirian tower, karena diang­gap tidak mengganggu.

“Katanya sudah ada resi rekomendasi atau izinnya keluar. Kalau tidak salah pembangunannya dimulai akhir Desember lalu,” ucap dia. (igi)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.