TPT Rumah Encon Ambruk

107
0
ISTIMEWA LONGSOR. Anggota Tagana Kecamatan Panjalu Mumu meunjukkan TPT di bawah rumah Encon yang ambruk dan menimpa bagian belakang rumah Ondi Kamis (4 /1).

PANJALU – Tembok penahan tebing (TPT) di depan rumah H Encon (60) ambruk. Bagian teras rumah pun ikut tergerus. Reruntuhan TPT dan teras menimpa rumah Ondi (50) yang berada di bawah. Bencana itu terjadi Kamis pagi (4/1) sekitar pukul 04.30.
“Karena rumah tersebut terbilang rawan, terpaksa dikosongkan,” ucap Ketua Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Ciamis Ade Waluya saat ditemui di Mako Tagana, Jalan Tentara Pelajar, Ciamis kemarin.
Untuk sementara, lanjutnya, kedua penghuni rumah itu mengungsi ke rumah saudara masing-masing. Rumah Encon rawan terbawa longsor. Apalagi tanah di bawah terasnya sudah tergerus. Sedangkan rumah Ondi rawan tertimbun reruntuhan dari rumah Encon kalau terjadi longsor susulan. “Hujan cukup deras pada sore hari, untuk evakuasi longsoran kami rencanakan pagi akan dilakukan,” jelasnya.
Pagi ini, Tagana juga akan melakukan pengecekan ke semua wilayah karena khawatir ada bencana yang tidak terdeteksi. Geografis Ciamis yang berbukit dan banyaknya rumah warga di perbukitan membuat risiko terkena bencana lebih besar. Seperti Kecamatan Sindangkasih, Cihaurbeuti, Panumbangan, Panjalu, Sukamantri, Rajadesa, Panawangan, Rancah, Sadananya, Cikoneng, Cipaku dan Cidolog. “Kami imbau kepada masyarakat yang rumahnya di perbukitan untuk waspada bila ada hujan turun,” imbaunya. (isr)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.