Training Pelatih Pencak Silat

232
0
Loading...

GARUT KOTA – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Garut mendorong pelestarian budaya dan seni pencak silat untuk menjaga identitas diri bangsa Indonesia, khususnya Garut.

Kabupaten Garut terkenal dengan banyaknya padepokan yang melahirkan pesilat tangguh dan tersebar di seluruh nusantara.

“Kita melakukan berbagai perhatian pada pencak silat sebagai bentuk pemerintah dalam rangka kemajuan kebudayaan,” kata Kepala Disbudpar Kabupaten Garut Budi Gan Gan kepada wartawan Jumat (23/3).

Dia menuturkan Garut merupakan daerah yang memiliki keistimewaan dalam bidang budaya dan seni pencak silat. Untuk menjaga kelestarian seni bela diri itu pemerintah melibatkan padepokan silat dalam berbagai kegiatan kesenian. Juga, memberikan pelatihan dan pembinaan kepada para pelatih pencak silatnya. “Kita lakukan training bagi pelatih silat agar mereka dalam melatih pendekar-pendekar silat lebih hebat,” tuturnya.

Budi menerangkan program pembinaan bagi pelatih silat itu baru pertama kali dilakukan Disbudpar Garut. Jumlah peserta sementara baru 45 orang dari berbagai pedepokan di delapan kecamatan.

Loading...

Rencananya, seluruh padepokan di Garut akan diikutsertakan dalam pelatihan dan pembinaan pelatih pencak silat tersebut.

“Sementara kita baru mengikutsertakan 45 orang pelatih. Ke depannya tahun 2018 ini akan lebih banyak lagi, mencapai 200 orang,” paparnya.

Budi berharap pelatihan kepada para pelatih pencak silat dapat meningkatkan kualitas dan metode pengajaran silat di Garut. Sehingga mampu melahirkan jawara silat yang tangguh. (yna)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.