Trauma Naik Pesawat Tak Cepat Hilang

72
DIRUJUK. Pilot Helikopter BO 150 M PK-EAH Fuad Humran dirujuk ke RS Hermina Bogor usai dirawat di RSUD SMC Senin (18/3). DIKI SETIAWAN / RADAR TASIKMALAYA

Pilot helikopter BO 150 M PK-EAH Fuad Humran dirujuk RSUD Singaparna Medika Citrautama (SMC) ke Rumah Sakit Hermina Kota Bogor atas permintaan pihak keluarga, Senin (18/3).

Sedangkan Co-Pilot Agung Rahardjo sudah lebih dulu dibawa oleh keluarganya, Senin (18/3) dini hari. Dengan menggunakan ambulance untuk dibawa ke tempat asalnya di Bandung sekaligus konsultasi kondisi kesehatannya ke Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung.

Kepala Bidang Kemedikan RSUD SMC Kabupaten Tasikmalaya dr Iman Firmansyah menjelaskan Fuad Humran sudah dirujuk ke RS Hermina Bogor atas permintaan keluarga melalui RSUD SMC. “Kita fasilitasi menggunakan ambulance, untuk dirujuk ke RS Hermina,” ungkap Iman kepada Radar di RSUD SMC, kemarin.

Baca juga: Bangkai Helikopter Akan Dimutilasi

Kondisi terakhir Fuad, kata Iman, sudah stabil dan normal. Hanya ingin memastikan keluhan sakit di bagian tulang belakang akibat benturan. ”Jadi alasan dirujuk ke RS Hermina Bogor, pertama Fuad rumahnya di Bogor. Kedua di RSUD SMC tidak ada teknologi Magnetic Resonance Imaging (MRI),” jelasnya.

Menurut Iman, di RSUD SMC tidak ada teknologi MRI atau rontgen magnetik yang bisa mengecek keluhan sakit di bagian tulang belakang. Sedangkan di RS Hermina Bogor sudah ada teknologi tersebut. “Kebetulan MRI ini di SMC tidak ada,” jelasnya.

Kasi Rawat Inap RSUD SMC Indra Asmara menambahkan Co-Pilot Agung Rahardjo dibawa pihak keluarga untuk konsultasi kondisi kesehatannya ke Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung. “Itu dibawa oleh keluarganya, Senin (18/3) dini hari. Karena tempat tinggalnya di Bandung,” tambahnya.

Kondisi terakhir Co-Pilot Agung Rahardjo, kata Indra, sudah normal. Hanya ada bekas luka lecet di bagian kepala. “Tidak ada patah tulang. Kesadaran dan trauma sudah mulai hilang. Walaupun secara psikologis, traumanya tidak akan hilang secara keseluruhan dalam waktu dekat. Pasti ada trauma naik pesawat terbang berminggu-minggu sampai bulan,” paparnya. (dik)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.