Truk Pertamina Full BBM Terbakar, Tiga Tewas

44
istimewa TERBAKAR. Bagian kepala truk tangki Pertamina yang jatuh dari atas jalan layang Tol Lingkar Dalam, Jakarta, Minggu (21/7).

JAKARTA – Truk tangki Pertamina berisi 24 kiloliter (KL) bahan bakar minyak terbakar usai ditabrak minibus. Akibatnya tiga orang tewas.

Peristiwa berawal saat mobil tangki dengan kapasitas 24 kiloliter (KL) bahan bakar minyak (BBM) berangkat dari depo Plumpang, Jakarta Utara, Minggu (21/7) pukul 01.30 WIB. Tujuan truk tangki BBM adalah stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) nomor 3417403 di kawasan Jatibening, Kota Bekasi, Jawa Barat.

Truk tangki saat meluncur dari depo Plumpang berisikan delapan KL premium, delapan KL pertalite, dan delapan KL pertamax berkecepatan normal.

“Saat berada di jalan tol lingkar dalam kota di Rawamangun, sekitar pukul 02.00 WIB, mobil tangki B 9851 SHE ditabrak minibus Toyota Calya,” kata Corporate Communication and CSR PT Pertamina Patra Niaga, Ayulia, berdasarkan informasi yang diperolehnya di lapangan, Minggu (21/7).

Dikatakannya, minibus itu menabrak di bagian sebelah kiri mobil tangki. Akibatnya, timbul percikan api dan sopir mobil tangki berusaha mencoba melakukan pengereman.

“Tapi, mobil tangki slip dan jalannya menjadi tidak terkendali. Kemudian ba­gian kepala mobil tangki jatuh ke ba­wah tol dan terbakar,” katanya lagi.

Petugas pemadan langsung meluncur ke lokasi setelah mendapat informasi. Pemadaman berlangsung kurang lebih selama dua jam, melibatkan 48 personel dan 12 unit pemadam kebakaran dari Sudin Gulkarmat Jakarta Timur dan Sudin Gulkarmat Jakarta Utara.

Kerugian materil dari peristiwa itu diperkirakan mencapai Rp1,2 miliar.

Kami akan melakukan penelusuran dan pengecekan lebih lanjut di lapangan bersama petugas Kepolisian, tambah Ayu.

Kanit Laka Polres Jakarta Timur, AKP Agus Suparyanto mengatakan tiga orang meninggal dunia dalam peristiwa tersebut. Korban meninggal diketahui bernama Isep Abdurrohman (35), yang merupakan pengemudi truk, Ahmat Waginyanyo (23), kernet truk, dan Peter Chrisyian Djaya (26), pengemudi minibus Toyota Calya.

Identitas Peter baru diketahui belakangan, setelah polisi mengidentifikasi kendaraan yang digunakan.

“Data korban berhasil diidentifikasi melalui nomor pelat kendaraan yang ditumpanginya,” kata Agus.

Agus menjelaskan, semua dokumen dan surat-surat terkait identitas korban hangus terbakar dalam peristiwa kecelakaan tersebut.

Kepolisian mencoba menelusuri identitas korban melalui nomor polisi kendaraan yang masih tersisa karena tidak hangus terbakar.

Dari hasil penelusuran didapatkan alamat pemilik kendaraan, lalu aparat kepolisian mendatangi alamat tersebut dan dibenarkan oleh pemilik rumah bahwa kendaraan tersebut milik korban Peter.

Korban Peter yang mengendarai Toyota Calya B 2230 TOW tercatat beralamat di Jalan Bekasi Timur IX Nomor 20 RT 007/RW 003, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur.

Identifikasi berhasil dilakukan sekitar pukul 09.00 WIB, lalu ditelusuri alamat rumah korban dan pada pukul 13.00 WIB jasad korban telah diambil oleh pihak keluarga dari RS Cipto Mangunkusumo.

“Jenazah sudah diambil oleh pihak keluarga siang tadi,” kata Agus. (gw/fin)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.