Siapa calon Bupati Tasikmalaya pilihan anda?

0.1%

1.4%

83.5%

5%

0.5%

9.5%

Truk Sampah Dihadang Warga Cibeureum

13
0

BANJAR – Warga Dusun Babakan Desa Cibeureum Kecamatan Banjar menghadang truk sampah dan memblokir jalan menuju tempat pembuangan akhir (TPA) sampah Cibeureum, Selasa (23/2).

Aksi tersebut sebagai bentuk protes dan tuntutan ganti rugi kepada pemerintah atas sawah yang tertimbun longsoran sampah.

“Kami minta pemerintah membayar ganti rugi dan membuat jalan baru,” ungkap salah seorang warga Iwa Somantri (60) kepada Radar, kemarin.

Sementara, truk yang dihadang lebih dari 10 warga itu ada tujuh unit. Truk-truk ini pun akhirnya diparkir di pinggir jalan. “Saya tadi yang pertama dihadang oleh warga. Yang menghadang itu ada sekitar sepuluh orang,” ungkap sopir truk Dadang (46).

Untuk menjaga keamanan kendaraan, sekitar pukul 17.00, truk-truk pengangkut sampah itu dipindahkan ke jalur menuju Situ Leutik. Pasalnya warga masih tetap melarang truk-truk tersebut masuk ke TPA sebelum tuntutan mereka dipenuhi.

Setiap harinya satu truk itu bisa mengangkut sampah sedikitnya tiga kali ke TPA. “ Truk dipindahkan ke jalan masuk ke Situ Leutik demi keamanan kendaraan,” terang Kepala Dinas Ciptakarya, Kebersihan, Tata Ruang Dan Lingkungan Hidup (DCKTLH) Kota Banjar Yoyo Suharyono.

Untuk memenuhi tuntutan warga, kata Yoyo, memerlukan waktu dan proses. Pasalnya pengukuran mengenai jalan baru butuh waktu sekitar satu minggu dan baru selesai kemarin. Dari hasil pengukuran itu, jumlah pemilik menjadi dua belas orang dari sebelumnya hanya delapan orang.

Rencananya, akses yang akan dibangun sepanjang 280 meter dan lebar tujuh meter. “Semuanya itu membutuhkan waktu dan proses,” jelasnya. (agp)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.