Tugu Adipura Bersejarah Dibongkar Dini Hari

28

CIHIDEUNG – Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Perwaskim) Kota Tasikmalaya mulai membongkar Tugu Adipura bersejarah di kawasan Masjid Agung dan Taman Kota (Tamkot), Jumat (7/12) dini hari. Tugu ikonis ini dibangun pada era Bupati Tasikmalaya H Adang Roosman sebagai simbol prestasi di bidang kebersihan.

Kepala Dinas Perwaskim Kota Tasikmalaya Yono S Karso menerangkan Tugu Adipura di kawasan Tamkot itu akan dibongkar seluruhnya setelah tugu baru di Simpang Padayungan rampung. Saat ini pembangunan Tugu Adipura baru tengah dikerjakan.

Rekanan harus membereskan pengerjaannya sesuai kontrak hingga tanggal 22 Desember. Baik itu pemugaran maupun pembangunan. “Sisa waktu kan paling 15 hari lagi, jadi dicicil pelaksana dalam upaya mengejar waktu. Yang membangun terus digenjot, yang membongkar dilakukan perlahan,” papar Yono kepada Radar.

Kepala Bidang Pertamanan dan Pemakaman Dinas Perwaskim Kota Tasikmalaya Dedi Hermawan menerangkan proyek tugu tersebut dikerjakan selama 40 hari dimulai 5 November. Nilai kontrak pembangunan sebesar Rp 168.200.000. Dalam pengerjaannya, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan (Dishub) dan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR).

“Kita sudah berkoordinasi dengan DPUPR sehingga setelah bagian bawah tugu dibongkar, bisa dilaksanakan pengaspalan jalan sambil menunggu semua selesai,” ungkap Dedi. (igi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.