Tugu Dipindah, Taman Disterilkan

4

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

CIHIDEUNG – Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP-Damkar) Kota Tasikmalaya akan mensterilkan kawasan Taman Kota (Tamkot) dari para pelaku usaha atau sejenisnya bersamaan dengan pemindahan Tugu Adipura ke Simpang Padayungan.

Kepala Dinas Satpol PP-Damkar Kota Tasikmalaya H Budy Rachman mengatakan kawasan Tamkot itu merupakan ruang publik. Namun bukan area untuk kegiatan perekonomian. “Itu murni untuk taman dan ruang terbuka bagi masyarakat. Kita sudah bergerak melakukan pendekatan persuasif terhadap pihak-pihak yang beraktivitas di area taman kota,” ujarnya kepada Radar, Jumat (14/9).

Menurutnya, jasa sewa otopet, odong-odong hingga kereta mini yang kerap mangkal di Tamkot akan dialihkan ke GOR Sukapura. Karena kawasan Dadaha merupakan sarana publik yang tepat untuk kegiatan tersebut. “Karena di sana datar dan lebih baik. Di andesit itu bergelombang, kami kerap mendengar informasi anak-anak kecelakaan saat main otopet,” jelasnya.

Upaya itu, kata dia, selain mendorong ketertiban dan penataan kawasan Tamkot, juga menjaga suasana area Masjid Agung nyaman bagi pengunjung. Ditargetkan bulan ini penertiban segera terealisasi. “Kita sudah membangun komunikasi sejak beberapa Minggu lalu. Kita harap masyarakat juga mendukung upaya ini,” tutur dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Perwaskim) Kota Tasikmalaya Yono S Karso mengatakan saat ini pihaknya masih menunggu dana pemindahan tugu yang diajukan. Pencairan baru bisa dilakukan setelah APBD Perubahan Kota Tasik 2018 dievaluasi dan disahkan Gubernur Jawa Barat. “Nanti kalau sudah disahkan dievaluasi gubernur kita berjalan. Jadi kita belum bisa melangkah sekarang,” terangnya.

Dia mengatakan pengesahan APBD oleh gubernur diproyeksikan bakal dilakukan pada awal Oktober 2018. Setelah disahkan, Perwaskim baru mengeksekusi rencana pemindahan tugu ke pulau jalan di Simpang Padayungan. “Kalau berdasarkan rencana, itu akan selesai prosesnya selama dua bulan. Artinya pertengahan Desember selesai,” tutur dia. (igi)

CALEG KITA

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.