Tujuh Calon TKW Asal Kabupaten Garut Dipulangkan

15

GARUT KOTA – Tujuh warga asal Kabupaten Garut yang akan berangkat menjadi tenaga kerja wanita (TKW) dipulangkan oleh Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) Republik Indonesia.

Ketujuh TKW itu dipulangkan ke Garut setelah tim dari Kemenaker melakukan sidak ke beberapa penampungan pemberangkatan calon TKI di Jakarta dan menemukan beberapa calon TKI tidak memiliki dokumen resmi.

“Rencananya para calon TKI ini akan diberangkatkan bekerja ke Malayasia dan Timur Tengah,” ujar Darmo Susilo, perwakilan dari Kemenaker saat menyerahkan tujuh calon TKI ke Disnaker Garut di Komplek Islamic Canter Jalan Pramuka Kecamatan Garut Kota Rabu siang (15/5).

Pihaknya menyerahkan tujuh wanita itu ke Dinas Ketenagakerjaan Garut supaya calon TKI tersebut dikembalikan ke kampung halamannya masing-masing.

“Selain Garut, kami juga pulangkan beberapa wanita ke beberapa daerah yang ditemukan saat sidak itu,” terangnya.

Kepala Disnakertrans Kabupaten Garut Rd Tedi menerangkan sebelum diserahkan ke Garut, pihaknya juga telah menerima informasi adanya sidak ke tempat penampunga TKI.

Dari sidak, kata dia, informasi dari Kemenaker ada tujuh warga Garut. “Kami minta dipulangkan, karena tempat penampungan itu ilegal,” terangnya.

Tujuh calon TKI yang dipulangkan, kata dia, berasal dari lima kecamatan yakni Kecamatan Cibalong, Pameungpeuk, Cilawu, Wanaraja dan Garut Kota.

“Hari ini juga (kemarin, Red) kita pulangkan ke daerah asal masing-masing, namun sebelumnya kita berikan arahan dan pembinaan,” terangnya.

Tedi mengimbau masyarakat Garut yang hendak bekerja ke luar negeri untuk selalu berkoordinasi dengan Disnaker, sehingga terhindar dari para calo penyalur TKI ilegal.

Sementara itu, PR (35), salah seorang calon TKI yang dipulangkan, mengaku berada di penampungan kurang dari sebulan. Di tempat itu mengikuti pelatihan dan kesehatan.

“Rencananya bulan depan saya akan diberangkan ke Malayasia, tetapi keburu kena razia. Katanya perusahaannya ilegal,” terangnya. (yna)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.