Tukang Aksesoris di Tasik Temukan Granat Nanas Aktif, Masih ada Pengamannya

3833
0
Loading...

SINGAPARNA – Pedagang buah di sepanjang jalan raya provinsi Rancamaya Desa Cikunten Kecamatan Singaparna depan SMK Cintawana dikagetkan dengan penemuan granat nanas, Rabu (1/1).

Granat nanas tersebut diduga masih aktif dan saat ditemukan sudah terkubur dalam tanah.

Pertama kali ditemukan oleh salah seorang pedagang aksesoris motor di jalan raya provinsi tersebut.

Pedagang yang pertama kali menemukan granat nanas tersebut, Dian (40) mengaku, saat itu dirinya biasa mau beraktivitas membuka lapak jualannya, Rabu (1/1) pagi.

Pihaknya kaget melihat besi berbentuk lonjong seperti granat yang sebagian tertutup tanah tidak jauh dari tempatnya berjualan.

“Iya pak, saat saya mau buka lapak dagangan, saya melihat ada benda menyerupai granat. Awalnya saya mau coba dekati dan ambil buat pajangan di rumah, tetapi pas mau diambil masih ada pengaman atau penariknya terpasang,” ujar Dian, kepada wartawan di Jalan Raya Rancamaya, kemarin.

Pengakuan Dian, kondisi granat tersebut masih utuh, kawatnya masih terpasang. Badan granatnya tertimbun sebagian oleh tanah. Khawatir meledak Ia tidak jadi mengambilnya.

Loading...

“Saya langsung inisiatif, lapor ke petugas kepolisian dari Polres Tasikmalaya, yang sedang berjaga di Pos PAM pengamanan operasi lilin natal dan tahun baru, yang masih di jalan raya Rancamaya,” kata dia.

Dia menambahkan, seusai melaporkan lalu polisi berdatangan dari Sat Shabara Polres Tasikmalaya untuk diamankan.

“Granat nya langsung dibawa pak sama polisi, dibawa dan dimasukan ke dalam kardus, sebelumnya saya lihat dijinakan dulu, polisi hati-hati bawanya, mungkin dibawa langsung ke Polres Tasik di Mangunreja,” ungkap dia.

Kasat Shabara Polres Tasikmalaya AKP Ali Munanggar SH mengatakan granat nanas yang ditemukan oleh pedagang di jalan raya Rancamaya, sudah diamankan dan dibawa ke mako Polres Tasikmalaya.

“Sudah diamankan, sama anggota Shabara, oleh anggota saya, kebetulan dulunya anggota saya dulunya punya keahlian penjinak bom di Brimob Polda Jabar dulu. Sementara kita amankan dulu di Mako,” terang Ali.

Menurut Ali, pihaknya belum bisa memastikan granat nanas yang ditemukan warga tersebut masih aktif tidaknya.

“Nanti kami komunikasi dan kerja sama dengan Tim GEGANA Polda Jabar, untuk mengecek aktif atau tidaknya, nanti GEGANA akan datang ke Polres Tasikmalaya untuk memastikan,” tegas Ali.

Yang penting, tambah dia, granat tersebut sudah diamankan agar tidak membahayakan dan membuat resah dan cemas masyarakat.

“Jadi granat nanas yang ditemukan pedagang tersebut, kemungkinan besar sudah tertanam lama dilokasi, karena hujan terus, mungkin muncul ke permukaan,” tambah dia.

(diki setiawan)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.