Tumbuhkan Kemandirian Siswa

11
Siti Aisyah / Radar Tasikmalaya SEMANGAT. Pembina Prosis Masta Asep Rizal Asy’arie bersama pengurus Prosis Masta saat Talk Show Bincang Radar di Studio Radar TV Senin (14/1).

TASIK – Generasi muda merupakan aset bangsa dan pemimpin masa depan. Untuk itu, perlu peningkatan kapasitas generasi muda melalui berbagai organisasi yang ada di sekolah dan di luar sekolah.

Hal ini diungkapkan Pembina Persatuan Osis Madrasah Aliyah Kota Tasikmalaya (Prosis Masta) Asep Rizal Asy’arie saat Talk Show Bincang Radar di Studio Radar TV Senin (14/1). Talk Show tersebut membahas persiapan Latihan Pengembangan Kepemimpinan Siswa (LPKS) Prosis Masta 19-20 Januari 2019.

Menurut Asep Rizal, aktifnya siswa dalam kegiatan organisasi merupakan bagian aktualisasi diri. Selain itu, jembatan untuk menjadi orang yang bermanfaat.

“Kepada para aktivis saya berpesan untuk terus semangat dan lawan rasa malas. Bangkit dan berdirilah untuk menjadi siswa yang berani dan siap kembangkan potensi,” terang Asep Rizal.

Siswa yang unggul merupakan bagian dari misi Madrasah Hebat Bermartabat. Sebab, kata ia, pihaknya bukan hanya berfokus kepada peningkatan kualitas guru dan lembaga tapi juga kualitas peserta didik.

“Kami yakin dengan kemampuannya, siswa madrasah ini siap membangun Tasikmalaya bahkan Indonesia,” ujarnya.

Ketua Pelaksana LPKS 2019 Habibi Nurrohman mengatakan LPKS Prosis Masta merupakan kegiatan tahunan yang bertujuan untuk meningkatkan potensi dan jiwa kepemimpinan siswa sekaligus untuk memilih pengurus OSIS dan Prosis Masta periode baru.

Persiapan pelaksanaan LPKS sudah mencapai 80 persen. “Alhamdulillah sampai saat ini sudah ada 8 MA yang mendaftar jadi peserta, kita juga terus melakukan silaturahmi dengan instansi terkait,” terang Habibi.

Pada LPKS ini ada sekitar tujuh materi yang akan disampaikan dengan metode yang menyenangkan dan tidak membosankan. Ia berharap melalui LPKS ini bisa memberikan pemahaman kepada siswa bahwa berorganisasi itu menyenangkan, banyak pengalaman dan pelajaran yang bisa diambil.

Wakil Ketua Prosis Masta Fina Apriani menambahkan berorganisasi adalah proses pembelajaran mulai dari belajar memimpin, belajar membangun teamwork serta belajar menjadi orang yang bermanfaat bagi diri, keluarga dan masyarakat.

“Harapan saya setelah kegiatan LPKS akan lahir pemimpin yang lebih berkualitas, kreatif dan inovatif dalam rangka meningkatkan kualitas madrasah,” ujarnya. (ais)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.