Tumbuhkan Kesadaran Tertib Adminduk

62
0
TANDA TANGAN. Sekda Kota Tasikmalaya H Ivan Dicksan menandatangani prasasti Kelurahan Sadar Administrasi Kependudukan (Kesa) di Bale Kota, Selasa (30/7). Tina Agustina / Radar Tasikmalaya

LETNAN HARUN – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tasikmalaya bertekad memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat yang akan mengurus dokumen kependudukan (dokduk). Pelayanan cepat itu tidak lebih dari 15 menit asalkan semua persyaratan sudah lengkap.

Inovasi lain pun terus dikembangkan oleh Disdukcapil Kota Tasikmalaya dengan membentuk Kelurahan Sadar Administrasi Kependudukan (Kesa). Melalui program ini diharapkan masyarakat bisa membuat berbagai dokumen kependudukan seperti KTP-el, kartu keluarga, akta lahir anak, dan akta kematian.

“Saat ini ada enam kelurahan di tahun 2019 yaitu Cilamajang, Kota Baru, Sukanagara, Cilembang, Sukamanah dan Bantarsari yang kami bentuk menjadi kelurahan sadar administrasi kependudukan,” akta Kepala Disdukcapil Kota Tasikmalaya Dr H Imih Misbahul Munir MSi saat meresmikan enam Kesa di Gedung Serbaguna Bale Kota, Selasa (30/7).

Melalui Kesa ini berbagai layanan sudah dilaksanakan dengan langsung terjun ke masyarakat. Hal ini terlihat dari dokumen-dokumen kegiatan yang ditampilkan di acara peresmian.

Sekretaris Daerah Kota Tasikmalaya Drs H Ivan Dicksan MSi mengapresiasi ber­bagai program inovasi yang sudah dilak­sanakan oleh Disdukcapil. Dia ber­harap inovasi-inovasi ini dapat di­ikuti dinas lainnya. “Inovasinya ba­­gus, saya yakin kegiatan Kesa ini ha­nya ada di Kota Tasikmalaya,” ujar dia.

Peresmian Kesa 2019 kemarin diisi dengan berbagai lomba dari masing-masing perwakilan kelurahan. Mulai dari lomba kreasi seni dan paduan suara. Acara ditutup dengan pembagian hadiah di antaranya kategori Kesa terbaik peringkat satu Kelurahan Cilamajang, peringkat dua Kelurahan Sukanagara, peringkat ketiga Kelurahan Cilembang. Kategori Operator Kesa terbaik juara pertama Akin dari kelurahan Sukanagara, juara kedua Rena dari Kelurahan Cilamajang, juara ketiga Hendrik dari Kelurahan Kota Baru. Pemenang paduan suara, juara pertama Kelurahan Sukamanah, juara kedua Kelurahan Cilamajang, juara ketiga Kelurahan Cilembang. Pemenang kreasi seni, juara pertama Kelurahan Cilamajang, juara kedua Kelurahan Sukamanah, juara ketiga Kelurahan Bantarsari dan Juara Umum diraih oleh Kelurahan Cilamajang Kecamatan Kawalu. (red)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.