Hanya untuk Warga Kabupaten Tasik
SIAPA BUPATI & WAKIL BUPATI PILIHAN ANDA?

3%

19.1%

7.2%

70.7%

Tunanetra Mahir Gunakan Android

122
0
MENCOBA HANDPHONE BARU. Tunanetra mendapatkan bantuan Android dari Balai Rehab Sosial Penyandang Disabilitas Sensorik Netra (BRS-PDSN) Wyataguna Bandung Kementerian Sosial RI kemarin. IMAN S RAHMAN/RADAR TASIKMALAYA

CIAMIS – Sebanyak 16 disabilitas netra yang tergabung ke dalam Persatuan Tunanetra Indonesia (Pertuni) Kabupaten Ciamis mendapatkan bantuan handphone Android. Smartphone tersebut merupakan bantuan dari Balai Rehab Sosial Penyandang Disabilitas Sensorik Netra (BRS -PDSN) Wyataguna Bandung Kementerian Sosoal RI.

Pemberian handphone tersebut dilakukan di Aula Dinas Sosial Kabupaten Ciamis Senin (16/12) sekitar pukul 14.00. Dengan hape tersebut, kini tunanetra bisa menggunakan HP Android.

Kepala Sub Bagian Tata Usaha Balai Rehab Sosial Penyandang Disabilitas Sensorik Netra (BRS-PDSN) Wyataguna Bandung Kementerian Sosial RI Gunawan melalui Kasi Assessment dan Aplikasi Sosial (AAS) Iis Lisnawati menjelaskan penyaluran alat bantu HP Android kepada para disabilitas tunanetra di Kabupaten Ciamis untuk mengakomodir kebutuhan mereka.

Dia berharap melalui penyaluran bantuan tersebut, disabiltas netra bisa memanfaatkannya untuk komunikasi dengan berbagai penyandang disabilitas atau lainnya. Termasuk digunakan mereka untuk sehari-hari.

“Android ini bisa digunakan untuk kemandirian perekonomian mereka juga, bahkan didukung dengan aplikasi yang memudahkan mereka untuk berkomunikasi, semua sudah diterapkan tinggal pakai saja,” papar Iis.

Menurut Iis, pihaknya juga memberikan bantuan kepada disabilitas netra ke berbagai kota dan kabupaten lain. Tentunya berdasarkan hasil assessment dengan penyaluran bantuan jumlahnya berbeda-beda.

Pada dasarnya, kata dia, semua tunanetra yang mendapatkan bantuan HP Android sudah sangat mahir menggunakan alat komunikasi itu. Bahkan, mereka lebih daripada orang normal dengan kecepatan tangannya.

“Semoga bantuan ini digunakan guna menunjang kebutuhan sehari-hari,” kata dia.

Kepala Seksi Pelayanan Disabilitas Dinas Sosial Kabupaten Ciamis Nana Permana SSos menyambut baik bantuan HP untuk para tunanetra. Karena mereka sangat membutuhkan HP untuk komunikasi sehari-hari. Terlebih kebanyakan mereka merupakan memiliki pekerjaannya sebagai tukang pijat ataupun bergerak di warung disabilitas. Tentunya mereka sangat membutuhkan sekali komunikasi, tentunya akan menunjang kepada kehidupan perekonomian mereka.

“Jangan salah meski tunanetra, namun penggunaan teknologinya mahir betul, mereka justru tidak tertinggal, malahan mereka sangat maju dalam penggunaan teknologi HP,” ujarnya.

Ketua Pertuni Kabupaten Ciamis Siti Aisyah menyambut baik bantuan HP Android, karena sangat menunjang keperluan sehari-harinya sebagai tukang pijit.

“Meski kami tunanetra tapi untuk penggunaan HP sudah terbiasa, karena ada aplikasi pemandu yang bicara, sehingga lebih mudah, “ tuntasnya. (isr)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.