Tunggu Arahan DPP, PKB Tasikmalaya Panaskan Mesin Partai

95
0
KONSOLIDASI. DPC PKB Kabupaten Tasikmalaya menggelar rapat konsolidasi penataan struktur partai di Aula STIE Cipasung, Selasa (10/2). DIKI SETIAWAN / RADAR TASIKMALAYA

SINGAPARNA – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PKB Kabupaten Tasikmalaya mulai memanaskan mesin partai jelang Pilkada 2020. Di antaranya menggelar konsolidasi penataan struktur Dewan Pengurus Anak Cabang (DPAC) PKB se-Kabupaten Tasikmalaya di Aula Kampus STIE Cipasung, Senin (10/2).

Hadir dalam acara tersebut Anggota DPR RI Fraksi PKB KH Acep Adang Ruhiat, Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat Fraksi PKB H Oleh Soleh SH dan pengurus, pimpinan DPC, PAC sertapara caleg Pileg 2019.

Baca juga : Supratman Serius Maju di Pilbup Pangandaran, Ini Buktinya..

Ketua DPC PKB Kabupaten Tasikmalaya Haris Sanjaya MIPol menjelaskan, tujuan konsolidasi ini dalam rangka penataan dan pembenahan struktur, termasuk memanaskan mesin partai jelang pesta demokrasi lima tahunan ini. “Konsolidasi struktur partai ini merupakan amanat dari Muktamar PKB di Bali yang menjadi sandaran normatifnya,” kata Haris kepada wartawan, kemarin.

Lanjut dia, terkait Pilkada 2020 sudah konsultasi dan komunikasi dengan DPP. Acuannya sesuai Peraturan Partai Nomor 2 Tahun 2019, pilihan untuk DPC ini dibagi menjadi tiga kategori.

Pertama DPC diperintahkan DPP melakukan penjaringan bakal calon selama tujuh hari. Kedua, DPC yang sudah diperintahkan membuka penjaringan namun tidak melakukan maka diambil alih prosesnya oleh DPP. Ketiga DPC yang mengikuti hasil konsultasi dan koordinasi antara DPC, DPW dan DPP tidak melaksanakan penjaringan calon, karena sudah ada hasil konsolidasi.

“Kaitan dengan tiga kriteria ini, kami masih menunggu mekanisme apa yang akan diambil. Apakah diperintahkan melakukan penjaringan atau diajak konsultasi untuk tidak membuka pendaftaran. Kalau DPC mengabaikan tidak mungkin, kalau ada perintah kita siap melaksanakannya,” kata Haris.

Namun, kata dia, DPC berharap dibuka penjaringan di daerah. Karena akan menjadi bagian konsolidasi, sehingga komunikasi antar calon yang mau mendaftar ke PKB terbangun.

Baca juga : Pilbup Tasik, ARM-Atam Akrab, Iwan-Didi Kompak

“Kalau tiba-tiba diputuskan pusat, dari sisi konstitusi partai tidak ada masalah. Namun harapannya ada penjaringan di daerah, kita masih menunggu arahan dari DPP,” ujarnya.

Lanjut dia, pada prinsipnya baik bagi kader internal maupun eksternal terbuka jika ada yang mau memakai PKB. “Kita welcome, tapi sampai saat ini DPC belum membuka pendaftaran, karena masih menunggu arahan DPP,” terang dia.

Pengurus DPW PKB Provinsi Jawa Barat H Oleh Soleh SH menambahkan, selain penataan dan konsolidasi struktural di partai, rapat ini pun juga berkaitan dengan arahan jelang Pilkada 2020. “Arahannya satu perintah dari DPP, PKB di daerah harus terdepan dan target ZI termasuk di Kabupaten Tasikmalaya,” kata Oleh.

Oleh mengakui banyak nama yang dikaitkan dengan PKB, baik struktural maupun eksternal. Seperti KH Acep Adang, Haris Sanjaya, Iip Miptahul Paoz, KH Atam Rustam, termasuk dirinya. Namun, sampai saat ini belum mengerucut.

“Kalau saya insyaallah 100 persen fokus sebagai dewan di DPRD Jabar, kalau ibaratnya menghitung kancing, ada urutannya, mulai dari KH Acep Adang, KH Atam dan Haris Sanjaya,” ujarnya.

Apabila nama tersebut tidak mau, kata dia, mungkin ada hal yang dilakukan DPP-DPW. “Yang jelas membuka seluas-luasnya bagi personal atau kelompok yang berkeinginan lewat PKB,” ujarnya.

Anggota DPR RI Fraksi PKB KH Acep Adang Ruhiat mengaku sempat ada niat maju di pilkada, akan tetapi masih menjadi pertimbangan.

“Kalau dulu memang ada niat, tetapi catatannya harus menang, jangan sampai jadi peserta dan kalah,” ucapnya.

“Kalau semua sejalan dan punya keinginan yang sama, bagaimana menatap pilkada ke depan itu tinggal bagaimana menyiasatinya.

Tetapi kita sementara masih pertimbangkan, kita beri peluang (kepada yang lain), silahkan yang lain muncul sebagai kader partai dan warga negara punya hak,” jelas dia. (dik)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.