Beranda Banjar Tunggu Surat Edaran Resmi dari Badan POM

Tunggu Surat Edaran Resmi dari Badan POM

32
0
BERBAGI
Anto Sugiarto / Radar Tasikmalaya WAWANCARA. Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjar Oman Rokhman meladeni pertanyaan wartawan saat diwawancarai beberapa hari lalu.

BANJAR – Dinas Kesehatan Kota Banjar masih menunggu surat edaran resmi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) terkait beredarnya ikan kalengan atau makarel yang diduga mengandung cacing.
Kepala Dinas Kesehatan kota Banjar Oman Rokhman mengatakan sampai saat ini pihaknya belum mendapat informasi resmi dari Badan POM terkait hal tersebut. “Belum. Kita tunggu instruksi dulu. Kalau sudah ada baru turun ke lapangan,” ujarnya saat dihubungi via telepon Sabtu (31/3).
Menurut dia, kasus makarel hampir sama dengan kasus obat-obatan yang terjadi sebelumnya. Pihaknya tidak berani mengambil melakukan inspeksi mendadak ke toko atau pun supermarket yang masih menjual makarel sebelum adanya surat edaran resmi.
Menurut dia, jika cacing yang terdapat dalam makarel membahayakan kesehatan, maka masyarakat diimbau untuk tidak mengonsumsi sajian ikan instan itu. Meski telah melalui proses pematangan, efek terhadap kesehatannya akan tetap ada.
“Kita belum melakukan pemeriksaan lebih lanjut, sehingga belum tahu pasti. Tapi kalau jelas membahayakan jangan dikonsumsi,” jelasnya.
Meski begitu, dia meminta masyarakat tidak terlalu panik dengan informasi tersebut. Persoalan itu harus disikapi dengan baik. Apalagi, masih banyak makanan selain marakel yang mengandung protein tinggi dan layak konsumsi. (nto)

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here