Uang Insentif Petugas Pemulasaraan RSUD Kota Tasik Belum Bisa Cair, Begini..

60
0

INDIHIANG – Tenaga non kesehatan RSUD dr Soekardjo yang terlibat dalam penanganan Covid-19 tampaknya harus bersabar. Pemkot masih belum memiliki regulasi untuk pemberian upah mereka.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, dr Uus Supangat mengatakan hasil rapat Sabtu (22/8), beberapa poin sudah disimpulkan. Di antaranya para tenaga non kesehatan akan diberikan upah pada hari Senin (24/8).

Baca juga : Tak Ada Kuota, Pelajar di Tasik Cukup Datangi Polsek

“Tapi ternyata tidak sesuai harapan, hari ini (kemarin) belum bisa diberikan juga,” ujarnya kepada Radar, Senin (24/8).

Upah tenaga non kesehatan tersebut, kata dia, akan dibayar oleh pemerintah kota. Hanya saja belum ada payung hukum untuk melaksanakan pemberian insentif tersebut. Sementara dana yang dikeluarkan tidak bisa dikeluarkan begitu saja. “Tapi sekarang lagi disusun payung hukum,” terangnya.

Pihaknya tidak bisa menjanjikan kapan dasar aturan pemberian upah itu bisa selesai. Namun, diharapkan para tenaga non kesehatan bisa menerima haknya pekan ini. “Minggu ini target kita sudah bisa dicairkan,” katanya.

Loading...

Ada pun tenaga non kesehatan yang dinilai perlu diberi insentif, bukan sekadar pengurus jenazah saja. Namun sopir ambulans, petugas sterilisasi dan cleaning service.

Besaran insentif yang akan diberikan pun masih belum ditentukan. Pasalnya, hal itu disesuaikan dengan kemampuan anggaran, beban kerja, volume kerja, risiko kerja dan beberapa faktor lainnya. “Jadi mungkin setiap petugas bisa mendapatkan jumlah insentif yang berbeda,” katanya.

Maka dari itu, Uus menegaskan belum diberikannya insentif tenaga non kesehatan bukan berarti pemerintah tidak peduli. Namun ada proses yang harus ditempuh supaya tidak menyalahi aturan. “Karena perlu hati-hati juga supaya tidak melanggar,” terangnya.

Terpisah, Kepala Instalasi Pemulasaraan Jenazah RSUD dr Soekardjo, Asep Hijaz mengatakan petugasnya sudah berharap hari Senin (24/8) insentif bisa diterima. Tapi ternyata prosesnya tidak sesederhana yang dibayangkan.

Baca juga : Ini 5 Calon Direksi PDAM Tirta Sukapura Tasik

“Jelas para petugas sudah menunggu hari ini (kemarin) cair, ternyata belum juga,” katanya.

Namun pihaknya pun menilai upaya dari pemerintah sudah terlihat untuk merealisasikannya. Diharapkan pengganti keringat rekan-rekannya bisa mendapatkan penghargaan oleh pemerintah. “Mau bagaimana lagi, petugas hanya bisa berharap segera terealisasi,” pungkasnya. (rga)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.