PUTRKP Baru Laksanakan 31,82 Persen

Uang Rp 112,6 M Belum Diserap

5

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

PARIGI – Serapan anggaran di Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang dan Kawasan Pemukiman (PUTRKP) Kabupaten Pangandaran baru mencapai 31,82 persen hingga September 2018.

Kepala Sub Bagian Program dan Keuangan Dinas PUPRTRKP Ina Suhartini, serapan anggaran tersebut terhitung dari bulan Januari 2018. ”Dari total anggaran keseluruhan senilai Rp 164 miliar, idealnya serapan di SKPD lain sampai bulan September mencapai 87,83 persen,” jelasnya kepada Radar saat ditemui di ruang kerjanya Rabu (10/10).

Bila dikonversikan, serapan anggaran 31,82 persen tersebut adalah  Rp 51,4 miliar. ”Penyerapan yang hanya mencapai angka tersebut, disebabkan oleh Bantuan Provinsi (Banprov) dan DAK yang belum cari,” tuturnya.

Total anggaran yang belum terserap saat ini mencapai 68,18 persen, atau setara dengan Rp 112,6 miliar. ”Sementara anggaran dari APBD senilai Rp 124,2 miliar, untuk provinsi Rp 38,3 miliar dan DAK Rp 35,19 miliar,” tuturnya.

Menurutnya, banprov baru akan dicairkan secara keseluruhan pada bulan Oktober–November. ”Jadi tahun lalu juga penyerapan anggaran pada bulan November naik signifikan, sampai 98 persen, karena pencairan Banprovnya di akhir, terangnya.

Dia menuturkan anggaran yang diserap paling besar saat ini baru dari APBD saja. ”Apalagi kalau DAK itu ada termin atau tahapannya,” ucap dia.

Kepala  Dinas PUTRKP Kabupaten Pangandaran Dadang Dimyati belum bisa memberikan tanggapan terkait hal ini. (den)

loading...