UAS Ingatkan Calon Pelamar CPNS

12
ANTUSIAS. Meski cuaca panas, tak menyurutkan jamaah menyimak tausiyah dari Ustaz Abdul Somad.

TASIK – Ratusan ribu warga menghadiri tablig akbar Ustaz Abdul Somad LC MA di Lapangan Jamilega Desa Tanjungkerta Kecamatan Pa­gerageung Kabupaten Tasikmalaya, Jumat (5/10).

Di tengah menyengatnya terik matahari, para jamaah tetap antusias menghadiri kedatangan mubalig yang akrab disapa UAS tersebut.

Bahkan jamaah rela membawa payung dan beralaskan tikar untuk mendengarkan tausiyah dari da’i yang juga memiliki jutaan follower di media sosial itu.

Dalam ceramahnya, UAS mengajak jamaah yang hadir untuk selalu memperkuat dan menghidupkan akhlak demi mempersatukan umat Islam.

TABLIG AKBAR. Ustaz Abdul Somad berceramah di hadapan ratusan ribu jamaah di Lapangan Awilega Desa Tanjungkerta, Pagerageung, Kabupaten Tasikmalaya Jumat (5/10). (Diki Setiawan/radartasikmalaya.com)

Salah satunya menjauhi larangan Allah SWT, dan tidak melakukan perbuatan maksiat seperti mengonsumsi narkoba, LGBT, dan perbuatan buruk lainnya yang menyebabkan akhlak rusak.

Selain itu, Ustaz Abdul Somad pun mengajak umat meningkatkan akhlak dengan salat lima waktu, berdzikir, mengaji, puasa sunat, salat tahajud, menutup aurat, menahan hawa nafsu dan ibadah lainnya.

“Selamatkan akhlak kita dari perbuatan maksiat,” tuturnya.

UAS mencontohkan cara menahan hawa nafsu bisa dengan berdzikir, membaca Alquran, berpuasa, atau rajin berolahraga seperti berenang, memanah dan berkuda.

“Siapa yang belum menikah banyak-banyak puasa, perbanyak puasa sunat,” ujar Ustaz Abdul Somad.

UAS pun mengingatkan kepada jamaah ketika ada keluarga yang terjerumus menyogok untuk menjadi PNS.

“Hukumnya haram, yang nyogok dan disogok, rezekinya haram dan bisa menutup pintu rezeki,” ungkapnya.

Jika ternyata ada PNS yang berhasil lolos seleksi hasil suap, kata UAS, maka otomatis gaji atau tunjangan yang diterima merupakan haram.

“Jadi dalam pandangan Islam penerima atau pemberi (suap PNS, Red) sama-sama telah menjalani sesuatu yang hukumnya haram,” paparnya.

Di akhir ceramahnya, UAS mengharapkan jamaah yang hadiri bisa meningkatkan semangat ibadah. Salah satunya dengan menjenguk orang sakit, ikut menguburkan dan melihat jenazah dan terus berdzikir.

Perwakilan keluarga besar Pondok Pesantren Suryalaya Drs H Iing Farid Khozin MSi mengatakan selain acara tablig akbar, Ustaz Abdul Somad bersilaturahmi dengan keluarga besar Suryalaya.

“Ustaz Somad sangat mengagumi amalan ibadah dzikir tarekat nasqabandiah Suryalaya,” ungkap Iing.

Menurut Iing, ceramah yang disampaikan UAS, intinya mengajak kepada umat untuk mengamalkan ibadah dzikir kepada Allah SWT. Kemudian mempersatukan umat dan menghidupkan ahlak.

“Alhamdulillah acara lancar dihadiri ratusan ribu jamaah yang pada umumnya tarekat nasqabandiyah Suryalaya, dan masyarakat sekitar,” jelasnya.

Salah satu jamaah dari Semarang, Wahyudi (45) sengaja ke Tasik menyimak ceramah Ustaz Abdul Somad.

“Kebetulan istri orang sini, saya paling suka materi dakwahnya soal dzikir,” paparnya.

Ceramah Ustasz Somad, kata dia, sangat menyejukkan hati dan mengajak persatuan umat agar tidak terpecah belah oleh apapun.

“Mudah-mudahan negara ini aman dan diselamatkan dari musibah. Dan pada saat pemilu aman dan damai,” tuturnya. (dik)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.