UAS Telah Berpisah Selama Empat Tahun

120
0
DIWAWANCARAI. Ustaz Abdul Somad (UAS) saat memberikan keterangan usai mengisi ceramah di Gedung KPK belum lama ini. Faisal R Syam / FIN
DIWAWANCARAI. Ustaz Abdul Somad (UAS) saat memberikan keterangan usai mengisi ceramah di Gedung KPK belum lama ini. Faisal R Syam / FIN

JAKARTA – Perceraian Ustad Abdul Somad alias UAS membuat heboh publik. Ulama kondang asal Sumatera Utara 42 tahun itu pun angkat suara terkait alasan memilih bercerai dari Melia Juniarti.

Alasan cerai UAS, diungkapkan oleh kuasa hukum UAS, Hasan Basri, dalam keterangan resminya, Kamis (5/12).

Permasalahan rumah tangga UAS disebutkan sudah terjadi sejak empat tahun lalu, sebelum UAS sebagai pendakwah yang populer dan viral di media sosial. Selama itu, UAS, berusaha mempertahankan rumah tangganya, namun pada akhirnya memutuskan untuk berpisah.

“Berbagai usaha telah dilakukan UAS untuk mempertahankan rumah tangganya, terutama sebagai kepala rumah tangga dalam mendidik Melia Juniarti. Namun tetap tidak berhasil dan tidak berubah,” ujar Hasan Basri.

Sebelum memutuskan bercerai, tutur Hasan Basri, UAS telah melakukan sejumlah tahapan-tahan sesuai syariat islam seperti nasihat, pisah ranjang, musyawarah, konsultasi keluarga, talak satu dan talak dua, hingga pisah tempat tinggal sejak Mei 2016 hingga saat ini.

“Karena tidak ingin berlarut-larut yang tentunya akan menimbulkan fitnah dan mudarat yang lebih besar di kemudian hari.

hal ini sesuai dengan kaidah fikih yang berbunyi Dar’ul mafasid aula’ min jalbil mashalih,” papar dia.

Meskipun telah berpisah selama empat tahun lamanya, namun UAS masih bertanggung jawab memberikan nafkah bulanan dan fasilitas untuk Melia Juniarti, terkhusus ananda yang tercinta Mizyan Haziq Abdillah.

“UAS selalu menyediakan waktu secara khusus dalam kesibukan dakwahnya untuk tetap bersama menemani, bermain, jalan-jalan dan lainnya layaknya orang tua yang selalu menyayangi dan mendidik anaknya,” ungkap Hasan Basri.

Hingga akhirnya, lanjutnya, pada 12 Juli 2019, UAS mengajukan permohonan cerai talak ke Pengadilan Agama Bangkinang dengan nomor perkara 604/ Pdt.G/2019/PA.Bkn. Kemudian, pada 3 Desember 2019, pengadilan resmi memutus perceraian.

Perceraian itu dibenarkan Mellya lewat akun Instagram-nya @Mizyanhadziq, pada Rabu (4/12). “Benar (cerai),” jawab Mellya.

Ustad Abdul Somad lahir di Silo Lama, Asahan, Sumatra Utara, 18 Mei 1977. Dia adalah seorang ulama yang dikenal luas keilmuan agamanya, terutama ilmu hadis dan fikih. Tak hanya itu, UAS juga paham persoalan mengenai nasionalisme dan berbagai masalah kekinian di kalangan masyarakat. Dengan penyampaian yang mudah dicerna segala lapisan masyarakat, nama UAS saat ini sangat populer di Tanah Air, bahkan di luar negeri. (din/fin)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.