UBK Kota Tasik Lantik 101 Lulusan Siap Mengabdi untuk Kesehatan Masyarakat

118
0
KOMPAK. Dosen dan senat Universitas Bhakti Kencana (UBK) Tasikmalaya foto bersama usai acara Pelantikan dan Angkat Sumpah di Aula Kampus 2 Jalan Ir Juanda Kota Tasikmalaya, Rabu (16/9).
KOMPAK. Dosen dan senat Universitas Bhakti Kencana (UBK) Tasikmalaya foto bersama usai acara Pelantikan dan Angkat Sumpah di Aula Kampus 2 Jalan Ir Juanda Kota Tasikmalaya, Rabu (16/9).

TASIK – Universitas Bhakti Kencana (UBK) Tasikmalaya menggelar Pelantikan dan Angkat Sumpah Program Profesi Ners dan D3 Kebidanan Fakultas Keperawatan-Fakultas Ilmu Kesehatan di Aula Kampus 2 Jalan Ir Juanda Kota Tasikmalaya, Rabu (16/9). Acara digelar secara virtual dan menerapkan protokol kesehatan ketat.

Rektor UBK Dr Entris Sutrisno MHKes Apt mengatakan, Pelantikan dan Angkat Sumpah kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena kondisi masih pandemi Covid-19. Meski begitu tidak mengurangi esensi dan kekhidmatan acara.

“Pelantikan dan Angkat Sumpah ini diikuti 76 lulusan Program Profesi Ners dan 25 lulusan D3 Kebidanan, mereka merupakan lulusan UBK angkatan ke-2 tahun akademik 2019/2020. Jika dirunut dari awal berdiri dengan nama Stikes Mitra Kencana, maka mereka merupakan angkatan ke-9,” jelasnya.

Prosesi ini dihadiri oleh perwakilan 6 orang lulusan Program Profesi Ners dan 11 orang perwakilan dari D3 Kebidanan. “Lulusan yang hadir ini dipilih yang berdomisili di Kota Tasikmalaya, selebihnya lulusan mengikuti prosesi secara virtual melalui Zoom,” katanya. Meski virtual, kata ia, pelantikan dan angkat sumpah ini tetap sah dan khidmat.

“Kami bangga bisa meluluskan calon tenaga kesehatan yang berkualitas. Mereka disiapkan untuk memberikan pelayanan terhadap masyarakat, terlebih di tengah pandemi ini di saat beberapa sarana kesehatan membutuhkan peran perawat dan bidan. Lapangan pekerjaan pun terbuka lebar,” katanya.

Terlebih lulusan UBK ini kompeten di bidang pelayanan umum. Harapannya, lulusan ini tak hanya berperan di bidang penanganan medis saja, tapi juga harus jadi garda terdepan dalam mengedukasi masyarakat terkait protokol kesehatan. “Selamat kepada lulusan yang sudah dilantik, adapun untuk prosesi wisuda akan digelar secara virtual pada 22 September 2020,” katanya.

Perwakilan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Jawa Barat Eva Riantini mengatakan, Pelantikan dan Angkat Sumpah ini sebagai tonggak seseorang untuk menjalankan profesi bidan. Ini adalah saatnya mahasiswa terjun sendiri memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat.

“Bidan merupakan profesi mulia yang membutuhkan kesabaran dan ketelatenan dan empati tinggi. Saya berharap lulusan UBK tidak hanya kompeten saat praktik klinik, tapi mempunyai keterampilan dan pemberdayaan masyarakat demi kesehatan masyarakat,” ujarnya.

Pengurus Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Jawa Barat Osep Hernandi mengapresiasi atas dilaksanakannya Pelantikan dan Angkat Sumpah ini. Ia mengharapkan nanti lulusan ini memberikan kontribusi pada peningkatan kesehatan masyarakat di Jawa Barat. “Sangat berharap lulusan profesi ners UBK ini bisa terus meningkatkan kualitas dirinya,” ujarnya.

Lulusan terbaik program Profesi Ners Hesti Setiani bangga bisa lulus dengan mendapatkan nilai terbaik. Ia pun bangga bisa mendapatkan IPK 3,75 meski harus berjuang keras menyelesaikan studi di tengah pandemi. “Bangga menjadi bagian dari kampus tercinta UBK Tasikmalaya. Saya komitmen mengabdi untuk kesehatan masyarakat,” katanya. (na)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.