Siapa Calon bupati Tasikmalaya pilihan anda?
18%

82%

UBK Sukseskan Program Prolanis

15
0
Istimewa PENYULUHAN. Ketua LPPM UBK Tasikmalaya Rikky Gita SKM MKM memberikan penyuluhan kesehatan kepada masyarakat dalam kegiatan Prolanis di Bungursari Kamis (10/10).

TASIK – Universitas Bhakti Kencana (UBK) Tasikmalaya menyukseskan program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) bekerja sama dengan PKM Bungursari Kota Tasikmalaya. Kegiatan ini bagian dari program pengabdian kepada masyarakat dari LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat) UBK.

Program ini dijalankan oleh empat dosen UBK yakni Eneng Daryanti SST MKes, Meti Sulastri SST MHKes, Rikky Gita SKM MKM dan Lina Marlina SST MKeb.

Wakil Koordinator II UBK Tasikmalaya Eneng Daryanti SST MKes mengatakan Prolanis adalah sistem pelayanan kesehatan dan pendekatan proaktif dalam rangka memelihara kesehatan masyarakat yang menderita penyakit kronis, sehingga dapat mencapai kualitas hidup yang optimal.

“Sasaran program merupakan masyarakat khususnya lansia yang mengidap hipertensi dan diabetes tipe 2,” katanya kepada Radar, Kamis (10/10).

Melalui program ini, peserta diajak untuk bergerak aktif dengan senam sehat, pemeriksaan kesehatan dan reminder atau penyuluhan kesehatan.

“Kami juga melakukan home visit untuk masyarakat yang tidak datang ke tempat pelaksanaan program. Mereka dicek status kesehatannya mulai dari berat badan, lingkar perut, tensi darah, gula darah dan kolesterolnya,” katanya.

Prolanis ini dilakukan sebulan dua kali selama Oktober dan November 2019. “Program ini terselenggara berkat kerja sama UBK dengan PKM Bungursari dengan koordinatornya Bidan Ekawati STr.keb,” katanya.

Wakil Koordinator III UBK Tasikmalaya Meti Sulastri SST MHKes mengatakan, kegiatan prolanis ini diharapkan bisa meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjaga kesehatannya dengan menerapkan pola hidup sehat aktif dan mengonsumsi makanan gizi seimbang. “Supaya terhindar dari penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes, kolesterol dan lain-lain,” katanya.

Wakil Koordinator I UBK Tasikmalaya Lina Marlina SST MKeb menambahkan, kegiatan prolanis ini merupakan partisipasi universitas dalam rangka indeks pembangunan manusia (IPM) Kota Tasikmalaya di bidang kesehatan. “UBK berkomitmen untuk memberikan sumbangsih dalam peningkatan derajat kesehatan masyarakat,” ujarnya. (na)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.