UBSI Kota Tasik Siapkan Karier Mahasiswa Sejak Dini

39
0
WEBINAR. Mahasiswa dan dosen UBSI Kampus Tasikmalaya saat mengikuti Seminar Karier secara daring, Rabu (11/11).
WEBINAR. Mahasiswa dan dosen UBSI Kampus Tasikmalaya saat mengikuti Seminar Karier secara daring, Rabu (11/11).

TASIK – Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Kampus Tasikmalaya kembali mengadakan acara Seminar Karier untuk mahasiswa secara daring, Rabu (11/11).
Acara yang diikuti sekitar 400 peserta ini mengusung tema Mengembangkan Passion Agar Siap Berkarier di Masa Depan.

Kaprodi Sistem Informasi UBSI Kampus Tasikmalaya Deddy Supriadi MKom mengatakan, tujuan webinar ini untuk membantu mahasiswa memahami gambaran tentang diri pribadinya dalam menghadapi persaingan di dunia kerja. Selain itu mengarahkan mahasiswa agar dapat memilih pekerjaan dan membina kariernya di masa depan sesuai passion-nya.

“Pada hakikatnya menggapai karier yang gemilang tidak didapat­kan hanya dengan melewati proses instan, membutuhkan kerja keras, aktualisasi diri dan kemauan untuk terus belajar. Seorang professional yang berhasil dalam kariernya adalah ia yang telah merintisnya sejak muda,” ujarnya.

Makanya dengan webinar karier ini diharapkan menjadi bekal bagi mahasiswa UBSI dalam berkarier di masa depan.

Pemateri webinar dari Perusahaan Corporate Secretary (CBN) Achmad Yahya Sjarifuddin mengatakan, orang yang berhasil pada umumnya akan melakukan analisa serta mengetahui apa yang menjadi tujuan kariernya, apa rencana serta tindakan yang diambil untuk mencapai karier yang diharapkan.

Dengan pengalaman di bidang IT selama 22 tahun lamanya, pemateri memberikan wawasan mengenai passion yang harus ditingkatkan oleh mahasiswa agar bisa bersaing dalam mendapatkan pekerjaan. Mahasiswa juga harus meningkatkan skill karena kebutuhan sumber daya manusia dalam bidang IT khususnya di Indonesia sangat tinggi sekali.

“Di dunia professional IT dibutuhkan skill, knowledge dan attitude, karena ketiga hal itu saling berkesinambungan, jika salah satu dari ke tiga elemen itu tidak ada, seseorang akan kesulitan. Tidak hanya itu sertifikasi kompetensi pun dibutuhkan di dunia industri sebagai bukti tertulis bahwa mahasiswa tersebut ahli di bidang tertentu,” ujar Achmad.

Pada webinar ini, pemateri juga memberikan gambaran peluang pekerjaan bagi para mahasiswa di bidang Sistem Informasi. “Tentunya dengan banyak peluang di masa pandemi ini Sistem Informasi merupakan jurusan yang akan bertahan, karena semua sistem baik perusahaan ataupun instansi mau tidak mau harus terintegrasi dan menggunakan sIstem informasi yang bisa di akses di mana pun,” katanya.

Salah satu peserta webinar Firliani Firmansyah mengatakan, webinar ini sangat bermanfaat baginya dalam mempersiapkan karier di masa depan. “Materi yang disampaikan sangat menarik dan dapat menjadi acuan bagi saya untuk mempersiapkan karier,” ucapnya. (na)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.