Ubur-Ubur Serang Wisatawan, 28 Orang Mengalami Gatal dan Luka-Luka

169
0
PINGSAN. Seorang wisatawan pingsan setelah diserang gigutan ubur-ubur, Sabtu (15/6). Diketahui sebanyak 28 wisatawan mengalami luka dan gatal-gatal.

PANGANDARAN – Balawista Kabupaten Pangandaran melaporkan adanya serangan ubur-ubur jenis apai dan blue bottle dan Ubur-Ubur di Pantai Batukaras Sabtu (15/6). Sejumlah wisatawan diketahui menjadi korban.

Sekretaris Balawista Kabupaten Pangandaran Asep Kusdinar mengatakan setidaknya 28 wisatawan yang diserang oleh dua jenis ubur-ubur tersebut. Akibatnya mereka mengalami luka-luka.

”Korbannya memang cukup banyak, malahan di Pelabuhan Ratu (Sukabumi, Red) katanya lebih banyak ,” ungkapnya kepada Radar, Minggu (16/6).

Menurut dia, serangan ubur-ubur tersebut menyebabkan wisatawan luka, gatal-gatal bahkan ada yang hampir pingsan karena sesak nafas.

”Tapi tidak ada yang sampai meninggal, sebab langsung diberikan pertolongan pertama, seperti dikasih air hangat campur cuka, yang sesak nafas langsung dikasih oksigen,” terangnya.

Lanjut dia, jika kondisi tubuh para wisatawan sedang tidak fit, biasanya akan langsung pingsan setelah terkena sengatan. ”Jadi tergantung kondisi tubuh si korban, kalau tidak sedang fit bisa langsung pingsan,” ucapnya.

Pihaknya langsung mengeluarkan himbauan kepada wisatawan, untuk berhati-hati saat berenang dan tidak menyentuh ubur-ubur yang mengambang di laut.

”Kalau terlanjur menyentuh atau ada yang menempel ditubuh, jangan panik dan langsung lepaskan tentakelnya,” terang dia.

Menurut dia, serangan ubur-ubur biasanya terjadi di Pantai Batukaras dan Pantai Timur Pangandaran. Namun sejauh ini belum ada serangan di Pantai Timur. ”Kebanyakan yang melakukan serangan itu ubur-ubur blue bottle,” jelasnya.

Saat libur Lebaran, kata dia, setidaknya ada tiga sampai lima serangan ubur-ubur di Pantai Batukaras. Semuanya tidak menimbulkan korban jiwa.

Asep menambahkan semua wisatawan yang mengalami kecelakaan laut di Pantai Pangandaran dan Batukaras sudah mendapat asuransi kecelakaan. Termasuk yang disengat ubur-ubur.

”Asuransi itu sudah termasuk dalam pembelian tiket masuk pantai, yang dijamin oleh Sarana Lindung Upaya Bandung,” jelasnya. (den)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.