Indonesia vs Arab Saudi

Uji Kekompakan Pemain

6
KOMPAK. Pelatih Timnas Indonesia U-19 Indra Sjafri (dua dari kanan) kompak salam komando dengan perwakilan Timnas Arab Saudi kemarin.

JAKARTA – Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19 bakal melakoni laga uji coba internasional menghadapi Arab Saudi di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Jawa Barat, Rabu (10/10) hari ini.

Menariknya, dalam laga itu, pelatih Timnas Indonesia U-19 Indra Sjafri tidak menargetkan kemenangan untuk skuat Garuda Nusantara. Pelatih berkumis tebal itu memiliki target khusus yang nantinya menjadi bekal untuk Piala AFC U-19 2018.

Menurutnya, target khusus itu adalah memadukan strategi dari laga uji coba sebelumnya untuk menjadi satu, saat berjumpa Arab Saudi nanti.

Seperti kita ketahui, pertandingan menghadapi Arab Saudi menjadi laga uji coba ketiga yang dijalani Timnas Indonesia U-19 menjelang Piala AFC U-19 2018.

Sebelumnya, tim asuhan Indra Sjafri itu sudah menghadapi Thailand dan China dalam turnamen pemanasan bertajuk PSSI Anniversary U-19. Dalam turnamen itu, Indonesia hanya mampu bermain imbang lawan Thailand serta kalah dari China.

“Yang terpenting saat ini adalah target uji coba itu untuk mencari apa? Seperti ketika kami menghadapi China, target yang saya bebankan kepada anak-anak adalah bermain bertahan sejak lini tengah, jangan sampai pemain lawan masuk ke lini pertahanan kita. Namun pada akhirnya kita kalah karena ada dua gol yang bersarang dari situasi bola mati,” tutur Indra dalam jumpa wartawan di Hotel Grand Zuri, Cikarang, Selasa (9/10).

“Sedangkan target kami di laga menghadapi Arab nanti adalah memadukan semua permainan yang sudah kami lakukan di pertandingan sebelumnya dan diterapkan ke dalam situasi pertandingan, dan itu semua yang kita siapkan untuk tampil di Piala AFC nanti,” tutur mantan pelatih Bali United itu.

Laga uji coba menghadapi Arab sangat dibutuhkan Timnas Indonesia untuk mengukur bagaimana kesiapan dalam menghadapi tim dari Timur Tengah di ajang Piala AFC U-19. Ya, dalam laga itu, Indonesia yang masuk dalam Grup A, akan berhadapan dengan Chinese Tapei, Uni Emirat Arab dan Qatar.

“Mudah-mudahan pertandingan besok bisa memberikan manfaatkan bagi Timnas Indonesia dan Timnas Arab. Sama-sama kita ketahui ini adalah uji coba kami berdua, sebelum nanti tangal 18 Oktober (Piala AFC) kita masuk ke pertandingan yang sebenarnya,” tukas Indra.

Seperti halnya Indonesia, laga uji coba ini juga dijadikan Timnas Arab Saudi untuk persiapan menjelang Piala AFC U-19 2018 nanti. Arab Saudi sendiri tergabung di Grup D bersama China, Malaysia, dan Tajikistan.

Namun, terkait laga uji coba ini, asisten pelatih Timnas Arab Saudi U-19, Ahmad Al Malki menyebut keunggulan postur tubuh timnya tidak menjadi jaminan untuk bisa meraih kemenangan atas Garuda Nusantara.

Menurutnya, keunggulan postur tubuh tidak bisa menentukan hasil pertandingan dan menjadi satu keunggulan pemain menjadi hebat.

“Postur tinggi bukan syarat mutlak pemain sepak bola bisa menjadi lebih hebat. Karena sekarang banyak pemain bertubuh kecil yang sama-sama kita tahu bisa menjadi pemain hebat dari pemain yang lebih tinggi,” tutur Al Maliki di tempat yang sama.

Meski demikian, ia mengaku postur tubuh yang tinggi menjadi keuntungan pemain sepak bola dalam beberapa situasi tertentu.

Kita ambil contoh, postur tinggi itu bisa menjadi keuntungan dalam jangkauan bola lambung atau umpan lambung dari setiap tim.

“Meski saya akui, terkadang keunggulan postur tubuh yang lebih tinggi itu menjadi penting dalam situasi tertentu, terutama saat bermain umpan-umpan panjang. Namun, sekali lagi saya tegaskan, itu bukan-lah hal yang mutlak,” terangnya. (fin)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.