Uji Kualitas Baik, Beras Bansos Disalurkan ke 2 Kecamatan di Kota Tasik, Tak Sesuai Segera Lapor!

147
0
radartasikmalaya.com
Beras di Gudang Bulog Tasikmalaya bantuan untuk PKH disalurkan ke Kecamatan Tamansari dan Tawang Kota Tasik, Senin (19/10). rezza rizaldi/ radartasikmalaya.com

KOTA TASIK – Wakil Kepala Bulog Ciamis, Merizal Sudyadi menyatakan, jika Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) menerima beras tak seusai takaran 15 Kg agar segera melaporkan kepada pihaknya.

Hal itu dikatakan dia usai melepas truk-truk bermuatan beras Bantuan Sosial (Bansos) untuk dibagikan ke wilayah Kecamatan Tamansari dan Tawang di Gudang Bulog Linggajaya, Mangkubumi, Kota Tasikmalaya, Senin (19/10) siang.

“Apabila ditemukan beras dari kita yang kurang menuhi ketentuan, misalnya kurang timbangannya nanti kita bisa melayani retur,” katanya kepada radartasikmalaya.com.

Terang dia, pelaporan ini bisa melalui prosedur yang diterapkan Perum Bulog dan Kemensos yaitu dari pihak KPM melaporkan kepada pendamping PKH-nya.

“Nanti kita lakukan cek langsung ke lokasi. Jika berasnya benar dari Bulog nanti kita lakukan penarikan penggantian atau retur dengan beras baru,” terangnya.

Pasalnya, pihak Bulog mengharapkan program penyaluran Bansos di Kota Tasik ini berjalan lancar dan aman. Maka dari itu sebelum disalurkan, beras tersebut diperiksa dulu secara teliti.

“Jadi kita laksanakan penyaluran beras Bansos untuk wilayah Kota Tasik alokasi Oktober dengan total tonase 574 ton. Sebelum disalurkan, tentunya kita lakukan pemeriksaan kualitas, fisual dan aroma beras. Kita pastikan layak konsumsi dan layak disalurkan kepada para penerimanya,” bebernya.

Kemudian, tambah dia, pihaknya juga melakukan pemeriksaan uji timbangan masing-masing kemasan beras itu yang harus sesuai dengan ketentuan, yaitu 15 kilogram.

“Hari ini kita salurkan 118 ton lebih untuk di 2 kecamatan, besok kecamatan lainnya juga kita salurkan,” tambahnya.

Sementara itu Plt Kadinsos Kota Tasik, Abu Mansur menuturkan, hasil pemeriksaan dirinya terhasap beras Bansos di gudang tersebut berkualitas dan layak konsumsi karena beras medium.

“Barusan sudah kita cek berasnya. Alhamdulillah dari aromannya juga tak seperti bulan kemarin. Beras banget,” tuturnya.

Mudahan-mudahan, jelas Abu, beras Bansos ini sampai ke masyarakat penerima manfaat sesuai dengan apa yang telah dikontrol dan dicek pihaknya. Timbangan juga 15 kilogram per 1 karung beras.

“Kita dapat Bansos beras ini 3 bulan berturut-turut (Agustus, September, Oktober). Jadi total PKH menerima 45 kilogram beras. Kuota Kota Tasik itu 38.000 KPN di 10 kecamatan,” jelasnya.

(rezza rizaldi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.