Persib Bandung vs Kalteng Putra : Ujian Pemain Pelapis

53
ESTEBAN VIZCARRA

BANDUNG –  Persib Bandung tengah diterpa kondisi tak stabil lantaran harus ditinggal tiga pilar andalannya. Kiper Deden Natshir harus menepi dari lapangan untuk waktu yang cukup lama, lantaran mendapat cedera patah tulang kaki kiri saat menghadapi Persija Jakarta pekan sebelumnya.

Sementara dua punggawa asing Maung Bandung yakni Ezechiel N’Douassel dan Rene Mihelic harus absen di laga kontra Kalteng Putra, malam nanti (hari ini, 17/7) lantaran mendapat akumulasi kartu kuning saat sebelumnya berduel dengan Persija di Gelora Bung Karno, Rabu (10/7) lalu.

Kehilangan Ezechiel dan Mihelic tentu memaksa Robert harus menurunkan pemain pelapis guna menempati lini serang. Gelandang asing Artur Gevorkyan memiliki kans besar bermain sejak menit awal.

Pesepakbola asal Turkmenistan itu hanya menjadi pemain pengganti dalam tiga laga terakhir. Meski demikian, Artur tetap menjadi top skorer klub dengan koleksi tiga gol dari tujuh laga, termasuk gol penyelamat saat bersua Persija yang berakhir imbang 1-1.

Memang kenyataan kurang mengenakan untuk tim sekelas Persib Bandung. Tapi, absennya beberapa pemain inti harus dimanfaatkan oleh pemain pelapis membuktikan kapasitasnya. Dan sekaligus menjadi ujian bagi pemain yang jarang diturunkan.

“Bagi saya bukan waktunya untuk memikirkan pemain yang tidak bermain. Jika seseorang masuk menggantikan pemain lain, itu kesempatan baginya menunjukkan bahwa dia memang layak dimainkan. Semoga itu bisa menjadi inpsirasi pemain lain menunjukkan kapasitasnya,” kata pelatih Persib Robert Alberts, kemarin (16/7).

Meski demikian, pelatih asal Belanda itu mengaku tetap akan bermain menyerang guna menambah pundi-pundi gol dan membawa Persib beranjak ke papan tengah klasemen. Sebab, saat ini skuat besutannya masih tertahan di peringkat ke-13 klasemen sementara.

“Kami tahu betapa pentingnya laga ini karena kami benar-benar butuh tiga poin, kami sudah terlalu banyak kehilangan poin. Saya melihat ke depan dengan tim ini dengan pendekatan pemain yang agresif dan lapar terhadap kemenangan,” tegasnya.

Bojan Malisic CS pun harus mewaspadai kebangkitan Kalteng Putra sendiri. Pasalnya pada pertandingan terakhir kalah telak dari Persela Lamongan.  Tentunya, kekalahan beruntun hal yang dihindari dari pasukan Gomes de Oliviera ini.

“Terpenting tim ini melangkah ke dalam lapangan untuk menunjukkan kami serius menang. Dan saya harap bobotoh bisa datang mendukung supaya hasil bagus bisa kami dapatkan,” kata Robert

Tak jauh berbeda, Kalteng Putra pun hanya mampu bertengger di peringkat ke-11 setelah melalui delapan laga putaran pertama. Ferinando Pahabol dkk itu gagal meraih poin dalam tiga laga terakhir, dan hanya mencetak satu gol serta kebobolan enam gol.

Namun Laskar Isen Mulang hanya kehilangan striker Diogo Campos saat bertandang ke Bandung, sementara striker lokal berkualitas masih menunggu giliran untuk dimainkan. Sehingga peluang kembali mengemas kemenangan terbuka lebar dengan memanfaatkan krisis pemain yang menimpa tuan rumah.

“Kalteng Putra sudah siap di pertandingan besok (hari ini, Red) dan semua pemain dalam kondisi fit. Segala hal baik taktik dan mental sudah siap tempur,” kata Gomes.

Absennya tiga pilar utama Maung Bandung, kata Gomes, tak disangkalnya akan menjadi keuntungan tersendiri bagi timnya. Tetapi, ia mewanti-wanti pasukannya agar berhati-hati, karena barisan pemain Persib lainnya mempunyai kapasitas yang mumpuni.

“Bukan berarti tim Persib ini jadi lemah, karena saya yakin pelapisnya berkualitas. Siapa saja yang main mau inti atau cadangan harus kita hadapi dengan sungguh-sungguh, dengan fokus untuk dapat poin di sini,” ucap mantan pelatih Madura United itu.Keinginan menang juga ada di Kalteng Putra. Maklum, Gede Sukadana dkk tidak mampu meraih poin penuh dalam 4 pertandingan terakhir. Mereka harus tertatih di posisi ke-12 klasemen sementara setelah di awal musim mengejutkan dengan bertengger di posisi atas.

Pelatih asal Brasil itu menjelaskan timnya memang mengalami kerugian besar dalam empat pertandingan terakhir. Terutama soal tidak bisa bermain di kandang sendiri, Stadion Tuah Pahoe, Palangkaraya karena renovasi dan harus mengungsi di Stadion Sultan Agung, Bantul.

’’Tanpa kehadiran suporter tentu membuat kami lemah. Tapi itu bukan alasan, besok (hari ini) kami bertekad menang. Kami sudah mempersiapkan semuanya,’’ tutur dia mengakhiri. (pra)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.