Ulama Bisa Menjadi Pilihan Ade

12

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

SINGAPARNA – Pengamat sosial politik dan pemerintahan Asep M Tamam mengatakan kalangan ulama bisa menjadi pilihan pendamping bagi Plt Bupati Tasikmalaya H Ade Sugi­anto pada sisa periode ini.

“Menurut saya kalangan ulama bisa menjadi alternatif selain dari birokrat dan politisi untuk mendampinginya pada periode ini,” ujarnya kepada Radar, Rabu (12/9).

Menurutnya, pemilihan kalangan ulama sebagai pendamping Ade akan mungkin terjadi. Melihat Kabupaten Tasikmalaya merupakan daerah yang religius islami dan banyak pondok pesantren. “Jika pasangan ini bersatu akan sangat cocok. Yang satu nasionalis dan satunya lagi religius islami,” terangnya.

Kata dia, saat ini memang sedang tren dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) me­milih calonnya dari kalangan ulama. Dengan harapan per­hatian terhadap dunia keagamaan akan lebih terasa. Terutama di Kabupaten Tasik­malaya yang dikenal sebagai kota santri dan pesantren.

Walaupun banyak ulama di kabupaten, kata dia, tidak banyak yang mengerti soal politik. Tapi ada beberapa ulama yang bisa menjadi alternatif pilihan Ade diantaranya Ketua MUI Kabupaten Tasikmalaya KH Ii Abdul Bashit, Pimpinan Ponpes Cipasung KH Abun Bunyamin Ruhiat, Pimpinan Ponpes Miftahul Huda Manonjaya KH Abdul Azis Affandy, Pimpinan Ponpes Sukamanah KH Acep Tohir, Pimpinan Ponpes Haur Kuning KH Busyrol dan Pimpinan Ponpes Qoshrul Muhajirin KH Zamzam Imadudin.

“Jadi kenapa tidak memilih dari kalangan ulama. Karena mereka juga memahami tentang dunia politik,” katanya.

Pengamat politik Tasikmalaya Maulana Jannah menambahkan Ade Sugianto tidak akan kekurangan figur dalam memilih calon wakil bupati dari kalangan ulama. Mengingat Kabu­paten Tasik­­malaya merupakan gudangnya ulama. “Kalau pilihannya kepada ulama sangat cocok sekali dengan karakter daerah. Sehingga tercipta perpaduan nasionalis dan religius,” paparnya.

Menurutnya, pasangan Uu-Ade merupakan perpaduan nasionalis dan kalangan pesantren. Maka dari itu, Ade harus mampu melanjutkan tradisi tersebut. Karena dengan perpaduan tersebut akan jauh lebih kondusif dalam berbagai hal. “Justru Pak Ade akan mempunyai dukungan kuat baik secara politik dan moralitas politik,” ungkapnya.

Terpisah, Ketua Fraksi PDI Perjuangan Kabupaten Tasikmalaya H Demi Hamzah Rahadian SH MH mengatakan ulama dan umara disatukan cocok sekali. “Ulama itu cocok dengan umara. Jangankan dengan umara, ulama itu dengan umat juga cocok,” tandasnya. (dik)

CALEG KITA

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.