Ular Kobra Jenis Jawa Berbahaya

118
0
Istimewa. ANAK KOBRA. Komunitas Reptil Kota Banjar saat membawa anak ular kobra jenis Jawa dari warga Dusun Cipariuk Desa Neglasari Kecamatan Banjar Jumat malam (20/12).
Istimewa. ANAK KOBRA. Komunitas Reptil Kota Banjar saat membawa anak ular kobra jenis Jawa dari warga Dusun Cipariuk Desa Neglasari Kecamatan Banjar Jumat malam (20/12).

BANJAR – Fenomena munculnya kawanan anak ular kobra di beberapa daerah, disinyalir karena saat ini musim penetasan telur ular. Hal itu dikatakan Ketua Komunitas Reptil Kota Banjar Yudi.

Menurut Yudi, anak ular kobra yang menggegerkan warga di Dusun Cipariuk Desa Neglasari Kecamatan Banjar merupakan ular kobra jenis Jawa. Cirinya, warnanya hitam dengan corak berwarna kuning sangat berbahaya.

“Kalau jenis ular kobra Jawa meski masih kecil sudah mematikan, bisa membunuh sapi, apalagi manusia jika terkena gigitannya sangat fatal,” ujarnya kepada wartawan, Sabtu (21/12).

Menurut Yudi, induk ular kobra jika masih mudah bisa menetaskan 25 butir telur dan jika semakin besar maka jumlahnya semakin banyak. Apa yang ditemukan warga di sumur, ada kemungkinan induknya bertelur di dalam sumur.

Ketika telur sudah menetas, anak ular kobra pada keluar dan tidak sengaja terbawa timba saat warga sedang mengambil air atau ditangkap oleh warga dengan menggunakan alat bantu.

“Tentu ini sangat berbahaya, jika ular tersebut menggigit warga, maka harus segera temukan semua anak ularnya,” jelasnya.

Lanjut dia, anak ular yang berhasil ditangkap oleh warga, oleh Komunitas Reptil Kota Banjar sudah dilepas ke habitatnya tadi malam (Jumat malam) demi kelestarian ular tersebut. “Jika dipelihara sangat membahayakan keselamatan orang banyak,” ujarnya. (nto)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.