UMKM Mesti Optimalkan Digital Marketing

71
0
PELATIHAN. Pemateri seminar Nurul Hiron ST MEng memaparkan materi pada pelatihan digital marketing di Aula Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya Kamis (4/7). Ujang Nandar / Radar Tasikmalaya

TASIK – Pelaku bisnis terutama Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Tasikmalaya didorong untuk mengoptimalkan pemanfaatan digital marketing dalam pemasaran produknya.

Hal ini diungkapkan pemateri seminar Strategi Kewirausahaan dan Digital Marketing Nurul Hiron ST MEng di Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya Kamis (4/7).

Ia mengungkapkan, saat ini dan pada masa mendatang aktivitas pemasaran melalui digital marketing sudah menjadi kebutuhan masyarakat di seluruh Indonesia.

“Makanya, penguasaan digital marketing oleh setiap pelaku bisnis menjadi sangat penting guna mendongkrak volume penjualan,” ujar Hiron yang juga dosen di Universitas Siliwangi ini.

Namun, Hiron menilai pelaku usaha di Kota Tasikmalaya yang memanfaatkan marketing digital itu belum masif. Itu dilihat dari minimnya penjualan produk khas Tasik di market place seperti Tokopedia, Bukalapak dan lain-lain.

“Padahal potensi produk-produk di Kota Tasikmalaya itu cukup bagus,” ujar dia.

Kendalanya, kata ia, masih kurangnya kepercayaan pelaku usaha terhadap marketing online. “Yang kami teliti, kendalanya memang kurangnya kepercayaan dan mindset terhadap digital marketing,” kata dia.

Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi Ir Hj Noneng Masitoh MM menambahkan, untuk mendongkrak penjualan produk Tasik secara digital perlu diadakannya pelatihan marketing digital yang intensif.

“Pelatihan ini tak hanya dilakukan oleh perguruan tinggi, tapi juga Dinas Perdagangan Kota Tasikmalaya harus lebih intensif melakukan pelatihan marketing, khususnya marketing digital agar pemasaran produk lebih mudah,” katanya.

Senada dengan Noneng, Dosen Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya Rani Rubiyanti MFarm Apt menyatakan, pelatihan marketing digital saat ini sangat diperlukan bagi masyarakat, apalagi untuk pengusaha industri rumahan. (ujg)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.