UMKM Pemula Dapat Bantuan Modal

DISKUSI. Kepala Dinas KUKMP dan Industri Kota Banjar Saifuddin berdiskusi dengan para pelaku UMKM Pemula Kamis (13/9). Pelaku UMKM ini mendapat bantuan dari Kemenkop dan UMKM. (Cecep herdi / radartasikmalaya.com)

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

BANJAR – Sebanyak sebelas pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) mendapat penyertaan modal sebesar Rp 10 hingga Rp 14 juta dari Kementerian Koperasi dan UMKM.

Bantuan uang tunai itu diterima para pelaku UMKM ke rekening bank masing-masing.

Menurut Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah Perdagangan (KUKMP) dan Industri Kota Banjar H Saifuddin AKs, MKes, bantuan ini pertama kalinya bagi para UMKM Pemula.

“Bantuan ini sebelumnya diajukan sebanyak 13, namun yang di-acc oleh kementerian hanya 11. Bantuan ini diajukan mereka (pelaku UMKM Pemula) yang sudah memiliki izin UMK. Mereka mengajukan ke kita, kita menindaklanjutinya ke provinsi hingga ke pusat. Alhamdulillah disetujui,” kata Saifuddin Kamis (13/9).

Ia menjelaskan UMKM pemula ini memiliki produk berbeda-beda. Seperti produk kerajinan tangan, kue dan gula semut.

Salah satu syarat mendapatkan bantuan modal ini, kata dia, selain memiliki izin UMK juga pernah mendapat pelatihan.

“Nilainya variatif. Ada yang Rp 10 juta dan paling besar Rp 14 juta. Selain mendapat bantuan modal dari kementerian, kita juga memantau terus perkembangan usaha mereka dan memberikan pelatihan serta pembinaan supaya pelaku UMKM Pemula ini bisa eksis dan usahanya konsisten,” harapnya. (cep)

loading...