UNBK Dianggap Lebih Tenang dan Tertib

96
0
UJIAN. Kepala SMAN 1 Kota Banjar Ahmad Sobana (kanan) dan Wakasek Kurikulum Bambang memantau pelaksanaan UNBK. (Cecep herdi / radartasikmalaya.com)

BANJAR – Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) diangap lebih tenang dan tertib dibanding ujian nasional berupa kertas soal ujian. Hal itu diutarakan Kepala SMA Negeri 1 Kota Banjar Ahmad Sobana saat meninjau peserta UNBK hari pertama tingkat SMA di sekolahnya Senin (9/4).

Menurutnya, UNBK lebih simpel dan praktis. Risiko menyontek atau kerja sama pun lebih kecil dibanding ujian kertas.

“Lebih praktis dan pengawas juga tidak kesulitan harus bolak-balik bawa soal ujian. Sekarang sudah sistem online melalui server jadi soal tiap siswa juga berbeda, tidak bisa menyontek atau bekerja sama,” kata Ahmad Sobana kemarin.

Dia mengaku untuk sekolahnya, UNBK tahun ini digelar kedua kalinya.

“Ini UNBK yang kedua. Awalnya kan penerapan UNBK itu tahun 2015, namun sekolah kami belum siap karena fasilitas perlengkapannya belum memadai,” kata dia.

Untuk bisa menggelar UNBK mandiri di sekolahnya, pihaknya saat ini memiliki sebanyak 136 unit komputer. Jumlah itu masih kurang dibanding dengan jumlah siswa yang mengikuti UNBK tahun ini sebanyak 407 siswa. Sehingga, dalam pelaksanaannya siswa dibagi menjadi tiga sesi. Satu kelasnya berjumlah rata-rata 36 siswa peserta UNBK.

“Idealnya ya jumlah komputer sesuai dengan siswa UNBK. Tahun depan rencananya kami akan mengusulkan lagi ke provinsi untun penambahan unit komputer. Sementara siswa kami yang melaksanakan UN rinciannya IPA 220 siswa, IPS 130 siswa dan Bahasa 57 siswa,” katanya.

Meski praktis, namun yang menjadi kekhawatiran utamanya adalah jaringan server dan aliran listrik. Pasalnya melalui online, server dan jaringan listrik sangat menentukan mulusnya pelaksanaan UNBK.

“Alhamdulillah kalau server sejauh ini tidak masalah. Dari sisi suplai tenaga listrik juga kami sudah menyiapkan mesin genset, berjaga-jaga bilamana padam aliran listrik PLN maka kita gunakan tenaga genset,” katanya. (cep)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.