Unggul dalam Dakwah dan Tahfiz Alquran

580
0
WISUDA AKBAR. Siswa RA, MI dan MTs Al Mukhtariyah mengikuti wisuda akbar di bale kota Minggu pagi (13/5).
Loading...

TASIK – Yayasan Al Mukhtariyah, Ran­ca­macan, Cipari, Mang­kubumi, Kota Tasikmalaya melakukan pelepasan siswa Raudhatul Athfal (RA), Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al Mukhtariyah di komplek Pesantren Al Mukhtariyah Tasikmalaya Minggu (13/5).

Ketua Yayasan Al Mukhtariyah Bubung Nizar SPdI mengatakan kurang lebih 109 santri yang dilepas, terdiri dari 43 siswa RA, 32 siswa MI dan 34 siswa MTs.

Bubung menuturkan pelepasan tersebut men­jadi ajang silaturahmi dengan seluruh keluarga besar yayasan dan madra­sah juga instansi terkait di bawah naungan Al Mukhtariyah.

“Kami un­dang semua unsur, mulai dari anggota DPRD kota, pengawas madrasah, camat Mangkubumi, kelurahan, MUI kelurahan, alim ulama, pimpinan lembaga pendidikan di lingkungan Cipari ter­ma­suk aparatur pemerintah, ormas dan lainnya,” ung­kap­nya Minggu (13/5).

Bubung berharap seluruh lulusan menjadi orang yang bermanfaat untuk diri, keluarga, masyarakat dan negara. Selain itu dapat menyampaikan dan mengamalkan ilmu yang telah diterima di lembaga pendidikan. “Juga bisa bersinergi dengan berbagi elemen untuk menyampaikan visi dan misi yayasan,” katanya.

Loading...

Sementara itu, Bubung menyebut beberapa program yang disiapkan di tahun ajaran 2018/2019. Khususnya program dari yayasan untuk pondok pesantren, ada kitab gratis untuk 10 pendaftar pertama santri mukim dari mulai masuk sampai tuntas pesantren. Untuk anak yatim diberi keringanan dalam biaya makan dan dibebaskan uang pendaftaran serta bangunan.

”Kami juga mengingatkan bahwa peran madrasah tidak bisa dipandang sebelah mata terkait eksistensi­nya. Santri lulusan madrasah kami di sam­ping unggul dalam ilmu penge­tahu­an, juga dalam segi nilai ilmu agama, utamanya dalam tahfiz Alquran dan dakwah,” ungkapnya.

Kepala MTs Al Mukhtariyah Tasikmalaya Asep Rizal Asy’ari menga­ta­kan madrasah memberikan solusi pendidikan karakter bagi generasi muda. Maka, kata dia, berdayakan madrasah dengan cara belajar di madrasah.

“Untuk prestasi nggak kalah hebat dibanding dengan sekolah umum. Tidak hanya berprestasi dalam agama, tapi juga dalam pendidikan umum, termasuk juga prestasi seni budaya dan olahraga. Madrasah hebat, madrasah bermartabat,” tutur Ketua DPD PGM Kota Tasikmalaya ini.

Asep menuturkan untuk memaksuimalkan potensi peserta didik, di madrasahnya juga dikembangkan berbagai kegiatan ekstra. Mulai dari kesenian, tahfiz Alquran dan pidato, marawis, pramuka, olahraga dan lainnya. (ais)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.