Unggul dalam Prestasi Seni

22
0
BERPRESTASI. Kepala SDN Citapen Hj Ene Rosidah SPd MPd (kiri) bersama guru dan siswa berprestasi. SDN Citapen unggul dalam prestasi seni vokal dan tari. FATKHUR RIZQI / RADAR TASIKMALAYA

TASIK – Sekolah Dasar Negeri (SDN) Citapen membekali siswanya dengan keterampilan seni olah vokal dan tari tradisional. Hal ini sesuai motto sekolah yakni Melalui Seni Anak Bisa Lebih Berkreasi Dan Berkarakter.

Kepala SDN Citapen Hj Ene Rosidah SPd MPd menjelaskan dalam upaya pembentukan karakter, siswa dilatih dengan berbagai soft skill. Salah satunya soft skill di bidang seni yang bisa merangsang olah pikir, olah hati dan olah rasa dalam diri siswa.

“Sekolah kami punya tim paduan suara dan vokal solo, sudah banyak prestasi yang ditorehkan,” katanya kepada Radar, Senin (19/8).

Dalam mewadahi bakat seni siswa, SDN Citapen juga memiliki ekstrakurikuler seni tari dan seni vokal yang sudah berjalan tiga tahun. “Jadwal ekskul di sekolah ini terbatas hanya seminggu sekali, makanya kami berkolaborasi dengan orang tua agar memasukan anaknya yang berbakat ke sanggar, agar kemampuannya lebih terasah,” ujarnya.

Selain itu, dalam pengembangan bibit-bibit baru di bidang seni ini pihaknya menggelar acara pentas seni Citapen Ceria setiap tahunnya. Siswa-siswa bertalenta tersebut akan menjadi duta sekolah untuk berbagai ajang lomba.

“Semua guru harus mampu menemukan bakat dan talenta siswa. Misalnya, di bidang seni, guru merekomendasikan siswa yang punya keterampilan olah vokal dan tari tradisional,” katanya. Lewat pentas seni, biasanya guru bisa melihat bakat terpendam dari siswa.

Pembina Kesenian SDN Citapen Hj Tati Heryati MPd menyatakan untuk menghasilkan siswa yang mampu berkompetisi dalam setiap perlombaan, kuncinya adalah disiplin latihan. Sehingga ketika terjun di lomba sudah langsung siap.

Lanjutnya, Tim Paduan Suara SDN Citapen bernama Padus Citapen Ceria baru-baru ini mengikuti lomba paduan suara di ajang Simphony Anak Bangsa 2019 Tingkat Kota Tasikmalaya yang diadakan KPAID Jawa Barat. Walaupun latihan empat kali namun bisa menampilkan tampilan terbaik. “Kami bangga mendapatkan juara kedua di ajang tersebut,” katanya. Prestasi lainnya diraih siswa kelas 3 SDN Citapen Kayla Puan yang mendapat prestasi juara tiga lomba lagu nasional di Trans Studio Mini Minggu (18/8). Kayla mampu menyanyi dengan baik berkat binaan dari ekstrakuriler dan les vokal yang diikutinya. (mg1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.